Berkaca Dari Masa Lalu, Polemik Partai Golkar Bisa Lahirkan Partai Baru

Jakarta – Pengamat politik dari Centre for Strategic International Studies (CSIS) J Kristiadi, menilai konflik di internal Partai Golkar berpotensi melahirkan partai baru. tentu saja berkaca pada yang terjadi pada masa sebelumnya.

Kristiadi menilai, dinamika Golkar akan diikuti keluarnya sejumlah tokoh dan mendirikan partai baru. Ia juga menyebutkan, kelahiran Partai Gerindra, Partai Hanura, dan Partai Nasdem sangat dipengaruhi oleh ketidakpuasan tokoh Golkar pada kepemimpinan partai saat itu.

“Perpecahan yang kemarin-kemarin karena kepemimpinan dianggap tidak bisa merawat kebesaran Golkar. Sekarang terjadi lagi, malah semakin dramatis,” kata Kristiadi, saat dihubungi wartawan, Jumat (28/11/2014) pagi.

Menurut Kristiadi, apa yang terjadi di Golkar saat ini sudah mulai terlihat gejalanya dalam dua atau tiga tahun terakhir. Rasa ketidakpuasan terhadap kepemimpinan Golkar di bawa Aburizal Bakrie yang dinilai tak berprestasi.

“Benang merahnya sudah terjadi sejak lama,” ujarnya.

Oleh karena itu, Kristiadi menyarankan sebaiknya Musyawarah Nasional IX Partai Golkar digelar pada Januari 2015, sesuai keputusan Munas VIII tahun 2009. Penyelenggaraan Munas pada 2015 juga dinilainya dapat meredam konflik sekaligus menjaga soliditas Partai Golkar dalam menghadapi tantangan politik nasional yang semakin berat.

“Sudahlah, lebih baik ikuti aturan menggelar Munas sesuai dengan keputusan Munas sebelumnya,” kata Kristiadi.

Keputusan Aburizal itu mendapat penolakan keras dari internal Golkar. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono membentuk Presidium Penyelamat Partai Golkar yang ia pimpin sendiri dan beranggotakan tokoh Golkar dari lintas generasi. Agung menyatakan, Munas IX Partai Golkar digelar di Jakarta pada Januari 2015 nanti.

Seperti diberitakan sebelumnya, internal Golkar terbelah karena perbedaan pendapat penyelenggaraan Munas. Aburizal Bakrie dan pendukungnya berencana menggelar Munas IX mulai 30 November 2014 di Bali dengan alasan banyaknya aspirasi untuk mempercepat Munas diselenggarakan pada akhir bulan ini. (jmb)

0 Comments

Leave a Comment

two + one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password