- Advertisement -
HomeWarna WarniPresiden Kaget Melihat Kondisi Waduk Gajahmungkur

Presiden Kaget Melihat Kondisi Waduk Gajahmungkur

- Advertisement -

Wonogiri – Seusai menghadiri peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Indonesia 2014, Presiden Jokowi dan rombongan meninjau Waduk Gajahmungkur di Wonogiri, Jateng, Sabtu (29/11/2014).

Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono serta Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. Ada pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sempat terkesima melihat kondisi waduk yang kering dan dipenuhi lumpur.

Presiden meminta agar lumpur dibersihkan secara total dalam 2 tahun dan dana pengerukannya dialihkan.

“Pokoknya 2 tahun ini harus selesai. Nanti dananya dialihkan untuk penanaman pohon dan benerin DAS (Daerah Aliran Sungai),” kata Jokowi setelah seorang petugas itu menjelaskan bahwa kondisi waduk yang kering itu sudah terjadi sejak tahun 2008.

Presiden juga meminta agar dilakukan penanaman pohon di sekeliling waduk untuk menyerap air. “Kalau ini nggak ditanam di atasnya, itu airnya ngalir ke bawah terus. Lumpurnya tambah lagi. Jangan dibuat proyek ini lah ngeruk lumpur,” ujar mantan Wali Kota Solo ini.

Setelah sekitar 15 menit berada di Waduk Gajahmungkur, Presiden Jokowi dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanannya menuju Solo, Jateng. (hms setkab/cal)

- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Related News
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 2 =