Melepas Lelah, Bersama Serunya Wisata Berburu Babi

Padang – Sumatra Barat, Provinsi dengan luas 42.297,30 Km persegi ini terkenal dengan keindahan alam nan mempesona.

Siapa yang tidak tahu dengan air terjun lembah anai, danau kembar, danau singkarak, danau maninjau dan masih banyak lagi wisata alamnya.

Ranahnya urang awak ini juga tersohor dengan kuliner yang mampu menggoyang lidah penikmatnya. Sebut saja rendang, yang bahkan telah menjadi makanan nomor 1 terlezat di dunia versi stasiun TV CNN.

Nah, Ranah Minang juga memiliki sebuah petualangan wisata unik. Yaitu wisata berburu babi atau dalam bahasa minang disebut denga baburu.

Baburu sebenarnya telah menjadi tradisi orang Minang dari dahulu kala. Dahulu tujuan diadakannya baburu ini untuk mengusir kondiak (babi hutan) yang masuk ke lahan pertanian warga. Namun sekarang baburu dikembangkan menjadi potensi wisata yang mampu memikat hati banyak orang.

Untuk melakukan wisata ini, anda harus mepersiapkan stamina yang ekstra. Karena berburu biasanya dilakukan di hutan-hutan, perbukitan dan perkebunan warga untuk mengaksesnya melewati medan yang terjal.

Yang unik dalam aktifitas ini adalah yang melakukan perburuan terhadap babi hutan ini adalah ajing peliharaan. Biasanya dilakukan oleh anjing jantan yang berusia 6 bulan dan terlatih melakukan aktifitas berburu.

Sebelum dilakukan baburu, peserta baburu melakukan musyawarah terlebih dulu untuk membagi kerja. Kemudian anjing-anjing mereka lepas untuk mencari babi ke semak-semak. Biasanya babi hasil buruan tersebut akan dimakan oleh ajing-anjing pemburu dan kadang hanya di biarkan mati begitu saja.

“Tu nyo a, kaja capek …! (itu dia, ayo kejar cepat),” begitu teriakan salah seorang pemilik anjing paburu ketika menemukan babi hutan.

Sebagian besar pemilik anjing paburu yang covesia temui di acara baburu di Desa IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Minggu (30/11/2014) mengaku baburu telah menjadi hobi pelepas lelah rutinitas mereka sehari-hari. (utr/cal)

0 Comments

Leave a Comment

1 × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password