Mengenal Diri dengan Menulis

Covesia.com – Anda merasa telah mengenal diri anda dengan baik?

Mungkin anda akan terkejut, bahwa belajar mengenal diri sendiri tidak pernah berakhir. Banyak cara untuk belajar mengenali diri sendiri. Masukan dari orang lain merupakan cermin untuk mengetahui seperti apa penilaian orang lain terhadap anda.

Persepsi orang bisa saja berbeda dari persepsi diri sendiri. Mendengar pandangan orang mengenai diri anda dapat membuka mata, walau kadang itu bukan pengalaman yang positif.

Namun, bila anda orang yang tertutup, dan enggan melibatkan orang lain untuk belajar mengenali diri sendiri, tidak ada salahnya anda mencoba menulis. Karena jika menulis, tidak ada orang yang akan membantah dan berkomentar bahwa itu salah.

Seperti yang dituliskan oleh Dr. Cherie Carter dalam bukunya “If High School Is A Game”, Tuangkanlah apa yang ada difikiran anda pada sebuah buku atau komputer, dan berusahalah untuk tidak menahan diri dalam menulis. Anda dapat menganalisis kembali di lain waktu, apakah tulisan tersebut adalah gambaran diri anda atau tidak.

Pendiri MMS (Motivation Management Service) ini juga memberikan sebuah cara agar anda lebih mudah menulis dan menilai diri sendiri tanpa mendengar komentar orang lain. Cobalah tulis judul di tiap halaman dan beri ruang untuk menulis kalimat-kalimat tambahan nantinya.

Nah, berikut ada sejumlah judul yang dapat membantu anda untuk memulai menulis. Eits, tapi jangan lupa tuliskan juga alasan mengapa anda merasakan demikian.

– Orang-orang yang aku sukai:

– Orang-orang yang aku jauhi:

– Tempat-tempat yang aku sukai:

– Tempat-tempat yang aku hindari:

– Hal-hal yang paling suka kulakukan:

– Hal-hal yang menggangguku:

– Barang-barang yang benar-benar aku sukai:

– Saat-saat paling bahagia:

– Hal-hal yang ingin aku lakukan dalam hidup ini:

– Benda-benda yang ingin aku miliki dalam hidup ini:

– Gaya yang aku inginkan:

– Aku marah terhadap diri sendiri bila:

– Aku bangga terhadap diri sendiri bila:

– Aku benar-benar mahir dalam bidang:

– Aku ingin mencoba:

– Aku diam-diam tertarik pada:

– Hal-hal penting bagiku:

– Sahabat-sahabatku:

– Hal-hal yang kusukai mengenai diriku:

– Hal-hal mengenai diriku yang ingin kuubah:

Kapan saja ada waktu, keluarkan buku catatan ini dan tulis beberapa kata. Bila sudah menulis sesuatu dibawah sebuah judul, anda akan lebih paham akan perasaan anda, dan hal ini akan membantu mengenali diri sendiri.

Jawaban-jawaban anda mungkin akan berubah dengan bertambah kenalnya anda akan diri sendiri, dan ketika melihat tulisan-tulisan tersebut di lain waktu, anda akan merasa heran sendiri. Cobalah menulis! (peb/cal)

0 Comments

Leave a Comment

twenty − 9 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password