Heboh! Kuda Nil Masuk Kampung, Warga Panik

Covesia.com – Bisa dibayangkan betapa paniknya warga ketika binatang buas jenisa Kuda Nil masuk desa. Kejadian ini terjadi di desa di dekat Kota Kecil Babati di Tanzania Utara, 166 kilometer dari Kota Pariwisata Arusha.

Kamis malam (4/12/2014) 20 Kuda Nil memasuki kampung mereka. Komandan Polisi Regional Manyara Deusdedit Nsimeki pada Sabtu (6/12/2014) mengkonfirmasi peristiwa itu. Tapi ia mengatakan tak ada laporan mengenai korban jiwa di daerah tersebut, yang terletak sangat dekat dengan Danau Babati, salah satu danau air tawar di negeri itu.

Beberapa saksi mata mengatakan sekelompok kuda nil menyerbu Desa Nangara Ziwani untuk mencari ladang rumput sebab hewan mamalia terbesar ketiga di dunia tersebut memang makan selama malam hari.

“Saya sedang tidur ketika saya mendengar suara berisik dari rumah tetangga, dan banyak orang berteriak minta tolong,” kata Ombeni Monjoli, seorang warga Desa Nangara Ziwani.

Ia mengatakan sejumlah warga desa dengan susah-payah berusaha mengusir kuda nil itu ke danau, meskipun satu kuda nil ditemukan di dalam lubang pembuangan kotoran yang sudah tak dipakai.

“Tapi, warga desa berhasil menemukan kembali kuda nil yang tercebur tersebut dan melepaskannya ke danau,” kata Monjoli.

“Lubang tempat kuda nil itu terjatuh dulu digunakan sebagai lubang pembuangan kotoran tapi entah mengapa pemiliknya memutuskan untuk tidak menggunakannya dan ditumbuhi rumput sehingga hewa tersebut, yang dikenal memiliki daya pandang buruk, gagal mendeteksinya pada malam hari dan langsung menginjaknya,” katanya.

Elisande Kianda, petugas lingkungan hidup di kabupaten itu, mengatakan kuda nil tersebut mengakibatkan kehebohan besar di daerah itu; sebagian orang berlarian dari rumah mereka sebab kuda nil adalah hewan liar yang tidak bersosialisasi.

Jumlah “kuda air” yang mirip babi dan ganas itu di daerah tersebut diperkirakan telah turun jadi 150 dari lebih dari 400 dalam beberapa tahun belakangan. Kuda nil adalah hewan mamalia terbesar ketiga yang hidup di darat, setelah gajah dan badak. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

eighteen + nine =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password