Pemprov DKI Targetkan 500 Tower Rusunawa Pertahun

Covesia.com – Untuk menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan memperbaiki Ruang Terbuka Biru (RTB) serta penyediaan hunian bagi warga di sekitar waduk dan kali, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan pembangunan 500 Blok Rusunawa Pertahun.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta, Yonathan Pasodung mengatakan, DKI Jakarta sudah menetapkan perencanaan pembangunan 120 Tower Rusunawa pada tahun 2015 mendatang.

Hal tersebut sebagai langkah awal memenuhi target Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) yang telah menginstruksikan pembangunan 500 Blok Rusun di Jakarta.

“Saat ini kita sudah mempunyai lahan sekitar 30 hektar, 1 hektarnya cukup untuk membangun 3 tower Rusunawa. Dengan lahan sebanyak itu kita sudah bisa membangun 120 tower untuk tahap awal. Dengan begitu RTH kita otomatis bisa bertambah,” ujar Yonatan saat dihubungi covesia.com, Senen (8/12/2014) pagi di Jakarta.

Yonatan menjelaskan, pembangunan 500 tower Rusun tersebut selain untuk hunian warga DKI Jakarta yang tinggal di sekitar bantaran kali dan waduk, apartemen rakyat tersebut juga dapat dimiliki warga Jakarta yang telah menikah serta memiliki KTP DKI.

“Rusunawa ini memang untuk semua warga Jakarta. Karena pembangunannya kan dari pajak masyarakat. Tetapi, kita prioritaskan dulu warga kita yang kena gusur. Saudara-saudara kita yang di ada di sekitar bantaran suangai dan waduk. Dan mereka sudah kita data,” kata Yonatan.

Rencananya menurut Yonatan, 120 Tower Rusunawa tersebut akan dibangun di 8 wilayah Kota Jakarta. Lokasinya berada di Cilincing Jakarta Utara, di Jalan Rajiman Cakung, Kelurahan Rorotan, Jalan Raya Bogor KM 28, Kelurahan Pulo Gebang Penggilingan dan Kelurahan Jatinegara.

Saat ini ketersediaan lahan untuk membangun 500 blok Rusunawa di Jakarta masih belum mencukupi. “Kita masih kesulitan untuk memenuhi target pak Gubernur. Lahan masih terbatas. Pembebasan lahan di Jakarta tidak mudah, karena tidak semua lahan bisa kita pakai. Harus ada keterbukaan dan ketersediaan warga untuk mau menjual lahan mereka,” ujarnya.

Namun Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta optimis di tahun 2015 mendatang, pihaknya dapat menambah jumlah lahan untuk memenuhi target pembagunan 500 Rusunawa di Jakarta. (pjr/bim)

0 Comments

Leave a Comment

nineteen + 16 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password