BNPB Segera Pasang Alat Peringatan Dini Longsor di Jateng dan Jabar

Covesia.com -Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera memasang peralatan peringatan dini longsor di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Hal itu sebagai tindak lanjut intruksiPresiden Joko Widodo dalam sidang kabinet terbatas, Rabu (17/12) lalu. Perintah presiden itu agar BNPB bersama komunitas ilmu pengetahuan (iptek) segera memasang peralatan dini longsor.

“Dalam waktu dua minggu mendatang, akan dipasang 20 unit peralatan peringatan dini longsor. Yaitu, 10 unit dari Badan Geologi dan 10 unit dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Pemasangan diprioritaskan di Jawa Tengah dan Jawa Barat,” terang Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Jumat (19/12).

Tak hanya di Jawa Barat dan Jawa Tengah, peralatan tersebut juga disiapkan sebanyak 20 unit dari UGM pada Januari 2015 mendatang.

Peralatan tersebut akan dipasang di daerah-daerah rawan bencana di Indonesia. “BPPT dan LIPI juga akan memproduksi peralatan untuk dipasangkan pada 2015 di daerah rawan longsor yang prioritas,” ujar Sutopo.

“Belajar dari pengalaman beberapa institusi yang pernah memasang alat peringatan dini, maka diperlukan komitmen Pemda. Untuk itu harus ada jaminan kesanggupan dari Bupati/Walikota untuk mengoperasikan dan memelihara alat yang dituangkan dalam MoU dan pernyataan kesanggupan,” jelas Sutopo.

Mengenai biaya pemasangan alat menggunakan dana siap pakai dari BNPB. Hal itu berdasarkan pada rencana teknis dan rencana anggaran biaya yang diajukan dari instansi penyedia peralatan.

“Dalam waktu yang bersamaan, BNPB menyiapkan masterplan pengurangan risiko bencana longsor,” tandasnya.

(hat/lif)

0 Comments

Leave a Comment

fifteen − eleven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password