Wali Kota Jakarta Pusat Instruksikan Jajarannya Tiru Gaya Blusukan Jokowi

Covesia.com – Setelah dilantik pada 2 Januari 2015 lalu, Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, mewajibkan seluruh bawahannya, hingga ke tingkat Camat dan Lurah untuk meniru gaya blusukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mangara Pardede mewajibkan, khususnya pada Camat dan Lurah untuk meniru gaya mantan Gubernur DKI tersebut dalam menjaring asprirasi masyarakatnya.

Menurut Pardede, gaya blusukan Jokowi adalah cara paling efektif untuk menghadirkan pemimpin yang aspiratif bagi warga DKI khususnya di wilayah Jakarta Pusat.

“Saya sampaikan kepada seluruh pejabat, khususnya untuk Camat dan Lurah, mereka semua harus menjadi pelayan masyarakat yang aspiratif. Caranya, ya harus langsung turun ke lapangan, tiru gaya pak Jokowi. Semuanya harus bertanya langsung kepada warga apa yang menjadi persoalan,” ujar Mangara kepada covesia, senin (05/01/2015).

Kebijakan blusukan bagi Camat, Lurah dan jajaran bawahan Walikota tersebut juga merupakan strategi Mangara untuk membuat kebijakan yang deliberatif.

“Saya sendiri juga akan turun, untuk memantau semua wilayah saya yang masih rawan banjir. Musim hujan seperti ini kita harus sigap,” imbuhnya.

Mangara juga menjabarkan strateginya dalam mengahadapi persoaan banjir bulan Januari ini. Yakni dengan melakukan koordinasi intens dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Menyusun langkah bersama adalah hal penting dalam menangani banjir di ibukota. Bagi struktur tingkat bawah, ia mengharapkan proses jemput masalah harus terus dilakukan, demi meningkatkan kesiapan DKI dalam menghadapi berbagai persoalan.

“Kita juga perkuat kordinasi dengan Suku Dinas Sosial, Suku Dinas Pemadam Kebakaran Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB), Satpol PP. Kordinasi pengawasan itu kita lakukan bersama,” tandasnya.

(pjr/peb/lif)

0 Comments

Leave a Comment

12 + 17 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password