DPD Ajak Masyarakat Kawal Realisasi Dana Desa

Covesia.com – Wakil Ketua Komite I DPD RI yang membidangi pemerintah daerah, Fachrul Razi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawasi alokasi dana desa 2015.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, pemerintah menggelontorkan 10 persen dari anggaran dana transfer daerah untuk pembangunan desa.

Mulai tahun ini, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 550 juta setiap desa per tahun yang berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan 10 persen dari dana transfer daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kita mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta mengawasi alokasi dana desa 2015, ” Ujar Fachrul Razi, dalam siaran pers yang diterima covesia, kamis, (8/1)

Untuk menghindari terjadinya penyimpangan, lanjut Fachrul Razi, alokasi dana desa ini kedepan perlu adanya regulasi khusus yang mengatur masalah tersebut. Selain itu, Fachrul Razi juga menilai bahwa untuk mengelola alokasi dana desa yang cukup besar saat ini perlu penguatan kapasitas aparat desa melalui pendidikan dan pelatihan singkat.

Fachrul Razi berharap kedepan setelah menguatnya posisi desa baik infrastruktur maupun kapasitas aparat desa akan mendukung planing pemerintah sebagaimana wacana berkembang bahwa kemajuan dan pembangunan bangsa dimulai dari desa. Oleh karena itu, lembaga-lembaga terkait dengan desa seperti Kementerian Dalam Negeri dan kementerian desa PDT Trans harus sinergis dalam upaya membangun desa

“Kedapan kita berharap lembaga-lembaga yang terkait dengan pembangunan desa harus sinergis dalam merealisasikan program masing-masing. Sehingga upaya membangunan negara dari desa bisa tercapai.” tutup, Fachrul Razi.

(anr/lif)

0 Comments

Leave a Comment

11 − four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password