Mahkamah Agung Siapkan Hakim untuk Sengketa Pilkada

Covesia.com – Mahkamah Agung tengah mempersiapkan hakim-hakim untuk mengadili sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Ketua Muda Perdata Mahkamah Agung Supandi di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yakni hakim khusus untuk pilkada.

“Hakim untuk sengketa pilkada sudah siap, sudah ada. Ketika Pileg 2014 lalu sudah ditunjuk hakim khusus dan itu bisa digunakan untuk penyelesaian sengketa pilkada nanti. Jadi secara SDM, hakim khusus itu sudah ada,” kata Supandi di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Jakarta.

Jumat siang, KPU mengundang MA untuk membahas mengenai mekanisme penyelesaian sengketa pilkada serentak berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Dalam pertemuan tersebut, Supandi menjelaskan kepada KPU mengenai persiapan yang telah dilakukan MA dalam menyusun mekanisme penyelesaian sengketa pilkada.

Supandi menyebutkan ada empat Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) yang disiapkan untuk menyelesaikan sengketa selama proses tahapan pelaksanaan pilkada serentak.

“Empat Pengadilan Tinggi TUN itu ada di Medan, Jakarta, Surabaya dan Makassar. Majelis khusus juga sudah disiapkan oleh MA. Berdasarkan Perppu kan perselisihan pemilu harus melalui Panwaslu dan Bawaslu, kalau tidak puas baru ke pengadilan,” jelas Hakim Agung tersebut.

(ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

3 × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password