Peneliti Temukan Fosil Reptil Prasejarah Mirip Lumba-lumba

Covesia.com – Peneliti dari Skotlandia mengumumkan temuan fosil mirip reptil laut yang mirip lumba-lumba di Isle of Skye, Skotlandia. Reptil laut bernama Dearcmhara shawcrossi itu hidup sekitar 170 juta tahun yang lalu dengan panjang sekitar 4,3 meter.

Dearcmhara shawcrossi tergolong grup ichthyosaurus yang merupakan reptil laut dominan pada masa dinosaurus. Ia hidup di laut yang dangkal dan hangat di zaman Jura. Fosil makhluk pemakan ikan dan cumi-cumi itu ditemukan dalam kondisi utuh namun berdasarkan bentuk tulang sirip depan, Dearcmhara diperkirakan dapat berenang dengan cepat.

“Asalnya dari Skotlandia dan merupakan reptil laut pertama yang pernah ditemukan dan diteliti disana,” kata paleontolog University of Edinburgh Steve Brusatte.

Pecinta fosil Brian Shawcross menemukannya di pantai utara Isle of Skye pada tahun 1959 dan memberikannya ke museum pada tahun 90-an. Neil Clark, paleontolog dari Hunterian Museum University of Glasgow, menerima fosil tersebut dan ia berterima kasih Shawcross mendonasikan hasil temuannya.

Menurut Brusatte, temuan ini memberi titik terang pada persebaran reptil laut zaman Jura. Skotlandia adalah salah satu dari sedikit tempat yang memiliki fosil dari zaman itu. Fosil lainnya mengindikasikan Dearcmhara hidup bersama reptil lau lainnya, plesiosaurus yang berleher panjang dan memiliki sirip seperti dayung. Nessie sering digambarkan sebagai plesiosaurus.

(ant/zik)

0 Comments

Leave a Comment

17 − ten =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password