Beruang Kutub Kini Pilih Kanada Untuk Bertahan Hidup

Covesia.com – Penelitian sebuah hasil studi ilmiah baru yang dipublikasikan awal Januari dalam jurnal PLOS ONE menunjukkan, jika Kepulauan Kanada dapat berfungsi sebagai perlindungan masa depan bagi beruang kutub.

Sejauh ini, beberapa kelompok beruang kutub secara perlahan pun bergerak pindah menuju pulau-pulau di utara Kanada yang memiliki es arktik (es Kutub Utara) dan tahanlebihlama.

Migrasi itu telah terjadi selama satu hingga tiga generasi terakhir beruang kutub, atau antara 15 dan 45 tahun, kata peneliti dari Badan Survei Geologi AS Elizabeth Peacock, yang merupakan penulis utama studi tersebut.

“Beruang memilih daerah itu karena di sana adalah tempat di mana laut lebih tahan terhadap panas akibat pola sirkulasi, geografi yang kompleks dan lintang utara yang lebih dingin,” katanya.

Studi ilmiah itu memprediksi bahwa perpindahan para beruang kutub yang terkait dengan perubahan iklim itu akan terus berlanjut. Sejak 1979, tingkat spasial es laut Kutub Utara di musim gugur telah menurun lebih dari sembilan persen per dekade hingga 2010.

(ant/zik)

0 Comments

Leave a Comment

1 × two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password