Waspadalah! Ada Kelompok Pemalsu Madu di Sanggau Kalbar

Covesia.com – Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Sanggau menggerebek sebuah kamar kos yang dijadikan pabrik mini untuk pembuatan madu palsu di kawasan Bujang Malaka, Kota Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar).

Menurut Kepala Seksi Pemeriksaan Penyidikan Sat Pol PP Sanggau, Wendy Very Nanda di Sanggau, Sabtu, penggerebekan itu atas laporan masyarakat. “Ternyata benar dan ditemui madu palsu berikut bahan baku lainnya,” ujarnya, sebagaimana dilansir covesia.com dari antara, Sabtu (17/1/2015).

Dari kamar itu, petugas Sat Pol PP mengamankan satu dandang berisikan madu palsu, tiga setengah karung gula Thailand, satu karung gula Indonesia, satu papan Citroen Zuur (induk asam), kantong plastik serta bungkusan berisi lebah dan sebuah kompor gas.

Saat itu juga diamankan sebanyak enam orang masing-masing AU, Aw, Hn, Nd, Km dan Ni, yang diduga anggota komplotan pembuat madu palsu itu. Lima di antaranya dari Kota Cane, Aceh Tenggara, sedangkan satu orang lainnya dari Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

“Begitu kita mendapatkan laporan dari masyarakat, saya langsung membawa anggota untuk mendatangi rumah kos tersebut. Ternyata benar, kita dapati madu palsu bersama bahan baku lainnya,” ungkap Wendy.

Ia mengemukakan ketika digerebek, anggota komplotan yang menyewa dua kamar kos itu sedang memasak madu palsu tersebut dengan menggunakan sebuah dandang.

Parahnya, aktivitas itu dilakukan di dalam kamar mandi dan menggunakan air yang ada di bak mandi tersebut.

Menurut salah seorang pelaku, AU, mereka baru datang di Sanggau dan pembuatan madu palsu itu baru dilakukan dan belum sempat dijual.

Selanjutnya barang bukti dan madu palsu itu diserahkan Sat Pol PP ke Polres Sanggau untuk ditindaklanjuti.

(ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

4 × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password