Lembah Nirbaya Nusakambangan, Saksi Bisu Eksekusi Mati

Covesia.com – Rencana pelaksanaan eksekusi mati 5 terpidana kasus narkoba terus menjadi perhatian berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri. Beragam tanggapan muncul dengan masih berlakunya hukuman mati di Indonesia.

Kelima terpidana mati yang akan segera dieksekusi merupakan 4 warga negara asing dan 1 warga negara Indonesia (WNI). Dimanakah kemungkinan lokasi eksekusi kelima terpidana mati itu? Kuat dugaan, bila lokasi eksekusi mati dilakukan di Nusakambangan, sebuah pulau di selatan Jawa Tengah, ada dua tempat yang biasa digunakan sebagai lokasi eksekusi. Yakni Lembah Nirbaya dan reruntuhan Lapas Gliger.

Dilansir covesia.com, Sabtu (17/1/2015) dari mediawisata.wordpress.com, dua lokasi ini bahkan direncanakan menjadi tempat wacana baru pariwisata di Nusakambangan. Lembah Nirbaya merupakan lokasi perkebunan jeruk. Di lokasi itulah tiga aktor Bom Bali I dan duo Nigeria menghadapi regu tembak.

Kebun Jeruk Lembah Nirbaya terletak beberapa ratus meter dari Lapas Nirbaya. Tanaman jeruk di sana sudah berusia delapan tahun dan terdapat beberapa gubuk terbuat dari kayu beratap seng dengan ukuran sekitar tiga kali empat meter.

Sedangkan bekas bangunan Lapas Gliger, merupakan lokasi eksekusi mati terpidana mati, seperti kasus pembunuhan sadis, Antonius Rio Alex Bulo alias Rio Martil meregang nyawa.

Bekas reruntuhan Lapas Gliger, terletak di pinggir jalan utama Nusakambangan. Jaraknya hanya sekitar 10 meter dari jalan utama. Di depan reruntuhan bangunan Lapas tersebut terdapat sebuah pos polisi dari Polres Cilacap. (cal)

0 Comments

Leave a Comment

10 − 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password