Batik Pekalongan Melancong ke Swiss

London – Persatuan Indonesia Swiss “Verein Indonesia Schweiz (VIS)” akan menampilkan Dewa Ruci A man’s Journey to find the meaning of life”, ujar Pensosbud KBRI, Bren Rizka Desinta, kepada Antara yang dilansir covesia.com, Selasa,(11/11/2014).

Pada kesempatan itu ,Seniman batik Indonesia asal Pekalongan, Sapuan, juga akan menampilkan pembuatan proses batik pada pentas seni budaya bertajuk “The Beauty of Indonesia” atau Keindahan dari Indonesia di Zurich, Swiss, akhir pekan.

Menurut Sapuan, jika pada masa kini, orang menggunakan facebook untuk mengekspresikan pengalamannya, aspirasi dan keinginannya, pada masa sebelumnya, masyarakat Jawa mengekspresikannya pada karya batik.

Di balik karya cipta Batik-batik ciptaan Sapuan tersimpan cerita tersendiri yang filosofis.

Batik karya Sapuan tersebut tidak terbatas pada motif-motif yang sudah ada seperti parang rusak atau truntum, kebanyakan karyanya merupakan suatu cerita yang utuh baik kisah legenda ataupun keadaan masa kini dengan permainan warna-warna berani.

Usaha Sapuan yang mendapatkan dukungan dari PT Indosat ini,kemudian berkembang sehingga mampu memberikan lapangan pekerjaan menaikan taraf hidup masyarakat sekitar terutama wanita dan ibu rumah tangga.(ant/jmb)

0 Comments

Leave a Comment

twelve + one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password