Yuk Intip, Ini Tips Mudah Merawat Tanaman Keladi Hias

Yuk Intip Ini Tips Mudah Merawat Tanaman Keladi Hias Ilustrasi

Covesia.com - Selama pandemi virus corona (Covid-19), tren perawatan tanaman hias kian diminati masyarakat. Hal itu dilakukan masyarakat untuk mengisi waktu luang saat beraktivitas di rumah.

Tanaman hias keladi saat ini menjadi salah satu tanaman yang banyak diincar dan diburu untuk dijadikan tanaman hias rumahan.

Banyak orang menyukai tanaman keladi karena bentuk daunnya yang unik, bermotif, dan warna-warni.

Daunnya memiliki kombinasi warna yang luar biasa termasuk putih, hijau merah muda dan merah. Dengan bentuk daunnya, yakni daun lebar menyerupai bentuk hati (fancy leaf) dan daun yang cenderung lebih runcing (lance leaf).

Keladi menyukai tempat yang teduh, tanah yang lembab dan suhu udara yang hangat untuk tumbuh dengan baik.

Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat tanaman keladi, apalagi tanaman keladi yang akan disimpan di dalam ruangan. 

Nah, ada beberapa cara yang mudah untuk merawat tanaman hias ini sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

1. Kurangi Penyiraman

Pastikan air yang cukup dengan menyiramnya sehari sekali pada musim kemarau dan dua hari sekali pada musim hujan. 

2. Beri Asupan Sinar matahari sesuai dengan jenisnya

Tanaman keladi terdiri dari dua jenis genum, yaitu caladium dan alocasia. Keduanya memiliki cara perawatan yang berbeda, khususnya dalam urusan pencahayaan.

Untuk yang berjenis alocasia, taruhlah tanaman di tempat yang teduh, seperti di atas meja teras rumah atau di samping jendela yang ditutupi gorden.

Sementara untuk jenis caladium, cukup simpan tanaman ini di tempat yang terbuka karena jenis ini membutuhkan cahaya yang banyak.

3. Pastikan Tanaman Terbebas dari Hama

Meskipun di dalam ruangan, kita harus selalu memastikan tidak ada hama pada daun maupun batangnya. Biasanya yang mengganggu tanaman ini adalah ulat daun dan belalang. Jika kerusakan dan jumlah serangga masih dalam skala kecil, ambillah serangga satu per satu dan buang jauh-jauh.

(mgg/Annisa Mukhara)

Berita Terkait

Baca Juga