5 Obat Batu Ginjal yang Ada di Sekitar Anda, Silakan Coba!

5 Obat Batu Ginjal yang Ada di Sekitar Anda Silakan Coba

Covesia.com - Obat alami batu ginjal kerap menjadi pilihan pengobatan bagi penderita batu ginjal. Meski belum terbukti dapat menghilangkan batu di ginjal, obat alami ini dipercaya dapat memperkecil ukurannya. Sebelum mencobanya, yuk, kenali obat alami ini satu per satu.

Batu ginjal terbentuk dari endapan kristal dan mineral, sehingga teksturnya padat dan keras. Tak hanya di ginjal, batu ginjal juga dapat muncul di mana saja dalam sistem urinaria atau saluran kemih, termasuk kandung kemih, ureter, dan uretra atau saluran kemih.

Batu ginjal yang berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala umumnya tidak memerlukan operasi karena dapat keluar dengan sendirinya melalui urine.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih setidaknya 10 gelas per hari untuk membersihkan kandung kemih dan mengikis batu ginjal. Selain mengonsumsi cairan, ada berbagai pilihan obat alami batu ginjal yang juga dapat Anda coba untuk mengatasi penyakit ini.

Obat Alami Batu Ginjal
Dilansir dari alodokter.com, Rabu (20/10/2021), berikut ini adalah beberapa pilihan obat alami untuk memperkecil ukuran batu ginjal:

`1. Perasan lemon

Perasan air lemon mengandung sitrat yang dapat mencegah terbentuknya batu ginjal jenis kalsium. Sitrat juga dapat memecah batu ginjal yang berukuran kecil, sehingga tidak menyumbat saluran kemih dan dapat mengalir keluar melalui urine dengan mudah.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat mengecilkan dan melarutkan batu ginjal. Selain itu, cuka sari apel juga dapat mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal.

3. Jus buah delima

Buah delima kaya akan antioksidan yang dapat mencegah perkembangan batu ginjal dan menjaga ginjal tetap sehat. Buah delima juga dapat menurunkan tingkat keasaman urine, sehingga mengurangi risiko pembentukan kembali batu ginjal.

Menurut penelitian, obat alami batu ginjal yang satu ini juga dapat mengurangi nyeri akibat batu ginjal dengan melemaskan otot saluran kemih yang menegang.

4. Rumput gandum

Rumput gandum bersifat diuretik, sehingga batu ginjal lebih mudah dikeluarkan bersama urine. Selain itu, obat alami batu ginjal ini juga mengandung nutrisi yang dapat membersihkan ginjal.

5. Jus seledri

Jus seledri dipercaya mampu membasmi racun yang terlibat dalam pembentukan batu ginjal. Selain membersihkan, seledri juga dapat mengeluarkan racun bersama dengan batu ginjal yang sudah terbentuk.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menderita Batu Ginjal

Agar proses pemulihan berlangsung cepat, Anda tidak hanya dapat mengandalkan obat alami batu ginjal. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan guna mencegah batu ginjal kian membesar atau memburuk, yaitu:

  • Memperbanyak minum air putih
  • Membatasi konsumsi makanan yang mengandung purin dan oksalat tinggi, seperti kerang, daging, cokelat, ubi, kacang, bayam, dan buah bit.
  • Membatasi konsumsi minuman berkafein.
  • Berhati-hati saat mengonsumsi suplemen kalsium.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol, untuk mengatasi rasa nyeri dan tidak nyaman akibat batu ginjal
  • Konsumsi berbagai obat alami batu ginjal di atas memang dapat memperkecil ukuran batu ginjal. Namun, jika batu ginjal yang Anda miliki berukuran besar, menimbulkan nyeri yang parah, atau menyebabkan keluar darah saat buang air kecil, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga