Ini 7 Lokasi Balimau yang Ramai Dikunjungi Warga di Sumbar Jelang Ramadhan

Ini 7 Lokasi Balimau yang Ramai Dikunjungi Warga di Sumbar Jelang Ramadhan Air terjun Lubuk Tampurung, Kota Padang (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan biasanya masyarakat di Minangkabau melakukan tradisi mandi Balimau. Balimau merupakan kegiatan mandi dengan menggunakan jeruk nipis. Dahulunya tidak ada sabun jadi masyarakat menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan diri. 

Berikut Covesia.com rangkum 7 lokasi mandi Balimau yang ramai dikunjungi warga Sumbar dikutip dari berbagai sumber. 

1. Lubuak Paraku

Sungai Lubuak Paraku berada di Kecamatan Lubuk Kilangan, sekitar 20 kilometer arah barat Kota Padang, tepatnya di Jalan Raya Padang-Solok kilometer 20. Biasanya sejak pukul 16.00 WIB menjelang Ramadan ratusan warga mulai mendatangi Sungai Lubuak Paraku untuk mandi Balimau. 

2. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis adalah pantai yang terletak kurang lebih 10 km ke selatan dari pusat Kota Padang. Lokasinya Berada di belakang Gunung Padang atau tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata populer yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Termasuk saat jelang Ramadan, biasanya tak hanya masyarakat setempat pengunjung lebih meningkat jelang Ramadan tak lain untuk mandi Balimau. 

3. Bendungan Lubuk Rayo di Lubuk Minturun 

Bendungan Lubuk Rayo-Balai Gadang, berada di Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Biasanya lokasi ini sering didatangi warga untuk mandi termasuk Balimau menjelang Ramadan. 

4. Lubuak Mato Kuciang

Objek wisata pemandian Lubuak Mato Kuciang di Kota Padang Panjang ini sudah terkenal sejak dulunya. Lokasi Lubuak Mato Kuciang berada di Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang. Airnya berasal dari air pegunungan yang bersih, sejuk dan jernih layaknya mata kucing (mato kuciang). Amat banyak masyarakat yang memilih untuk Balimau di lokasi ini. 

5. Air Terjun Lubuk Tempurung

Air terjun ini letaknya di pinggiran kota, berada di sebelah timur Kota Padang atau kira-kira 20 km dari pusat kota. Tepatnya di Kampung Guo Kelurahan Belimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Untuk sampai ke lokasi air terjun ini dapat ditempuh kira-kira 1 jam dengan kendaran, baik roda dua atau roda empat. Banyak warga yang memilih untuk berwisata. Lokasi ini juga cocok untuk mandi Balimau. 

6. Pancuran Air Panas

Di Kabupaten Solok, selain Danau Singkarak, yang juga dijadikan lokasi balimau oleh masyarakat adalah pancuran air panas, lokasinya berada di Jorong Aie Angek, Nagari Koto Anau, Kecamatan Lembang Jaya.

Selain cocok untuk bersantai dengan menikmati pemandangan alam dari ketinggian, pancuran dengan air panas yang mengandung belerang ini juga diyakini masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit.

Biasanya, masyarakat sudah mulai datang ke lokasi pancuran air panas yang bersumber dari Gunung Talang di siang hari, sehari menjelang masuknya bulan puasa. 

7. Pantai Pasir Jambak 

Pantai ini kerap kali menjadi tujuan para wisatawan yang berada di Sumatera Barat untuk berwisata. Pantai Pasir Jambak terletak 17 KM dari Ibukota Sumatera Barat, Padang. Dengan waktu tempuh kurang dari setengah jam dari Kota Padang anda bisa sampai di lokasi ini.

(ila)


Berita Terkait

Baca Juga