10 Amalan Puasa Ramadhan yang Dicontohkan Rasulullah SAW dan Para Sahabat

10 Amalan Puasa Ramadhan yang Dicontohkan Rasulullah SAW dan Para Sahabat Pixabay

COVESIA.COM -  Selama bulan Ramadhan ummat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan sunnah. Selain itu, Ramadhan juga menjadi salah satu waktu dikabulkannya doa.

Hal ini seperti dalam rowayat Hadits Rasululla Muhammad SAW:

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan." (HR. Al Bazaar, dari Jabir bin ‘Abdillah).

Mengerjakan amalan sunnah bulan Ramadhan tidak hanya mendatangkan pahala saja. Akan tetapi juga meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT.

Selain itu, amalan-amalan sunnah tersebut merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW semasa beliau masih hidup. Kemudian keluarga dan para sahabat juga mengerjakan amalan sunnah tersebut.

Allah akan melipatgandakan ganjaran dari amalan yang dilakukan ummat Islam selama Ramadhan ini. Nah, ada beberapa amalan sunnah saat Ramadhan ini yang bisa dikerjakan sehari-hari sesuai anjuran Nabi:

Berikut ini 10 amalan sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dan keluarga dan para sahabatnya seperti yang dilansir dari Suara.com:

1. Bersedekah

Bersedekah pada saat bulan Ramadhan, menjadi salah satu amalan sunnah bulan Ramadhan yang akan mendatangkan pahala melimpah. Pada dasarnya bersedekah dapat dilakukan tidak hanya saat Ramadhan saja. Rasulullah SAW merupakan manusia yang sangat dermawan. Saat Ramadhan tiba, kedermawanannya meningkat berkali-kali lipat. Sehingga, umat muslim sangat dianjurkan untuk bersedekah di bulan Ramadhan walau hanya dengan satu biji kurma.

2. Iktikaf

Iktikaf atau berdiam diri di masjid dapat dilakukan oleh umat muslim ketika memasuki bulan Ramadhan. Manusia dianjurkan mengerjakan iktikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Terdapat banyak sekali pahala yang akan didapat oleh umat muslim jika mengerjakan amalan sunnah bulan Ramadhan ini.

3. Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Saat berpuasa, kita dianjurkan untuk membeti makan orang yang tengah berpuasa juga pada saat waktu berbuka. Amalan ini akan mendatangkan kebaikan kepada kita. Tak hanya itu, tali silaturahmi juga akan tetap terjalain antara umat Islam.

4. Tadarus Al-Qur'an

Amalan sunnah bulan Ramadhan yang pertama yaitu tadarus atau membaca Al-Qur'an. Bulan Ramadhan disebut juga bulan yang penuh keistimewaan di dalamnya. Salah satu keistimewaannya yaitu Allah menurunkan ayat Al-Qur'an pertama kali pada bulan Ramadhan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril.

Selain akan mendapatkan pahala, membaca Al-Quran pada bulan Ramadhan juga akan mendatangkan ketaqwaan kita kepada Allah. Membaca Al-Qur'an juga dapat menjadi pengobat hati dari segala rasa sakit dan juga rasa resah.

5. Memanjatkan Doa

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang mustajab untuk memanjatkan doa. Allah SWT akan mengabulkan semua doa baik yang dipanjatkan oleh hamba-Nya. Berdoa juga menjadikan manusia mengakui kelemahannya dihadapan Allah dan menjadikan Allah sebagai satu-satunya penolong.

6. Makan Sahur

Meskipun makan sahur bukan merupakan sesuatu yang diwajibkan ketika menjalani ibadah puasa. Namun sahur sangat dianjurkan untuk dikerjakan, karena terdapat keutamaan di dalamnya. Bahkan di dalam hadist Rasulullah SAW mengatakan bahwa sahur merupakan waktu yang mulia bagi umat Muslim karena pada saat sahur, malaikat akan mendoakannya.

7. Sholat Malam

Sholat sunnah saat malam hari pada bulan Ramadhan merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Apabila seorang muslim yang mengerjakan sholat sunnah dengan niat untuk megharapkan pahala dan ketaqwaan terhadap Allah, maka segala dosanya akan dihapuskan.

8. Memperbanyak Membaca Istiqhfar

Amalan sunnah bulan Ramadhan yang terakhir yaitu memperbanyak membaca istighfar. Dengan membaca Istighfar dipercaya Allah akan membukakan pintu ampunan untuk kaum muslim. Bahkan dosa-dosa di masa lalu juga akan dihapuskan. Maka dari itu perbanyaklah membaca Istighfar pada bulan Ramadhan.

9. Umrah

Ibadah umrah dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Muslim yang mampu secara fisik dan harta. Selain mendatangkan limpahan pahala, ibadah umrah pada bulan Ramadhan juga akan mendatangkan keberkahan yang berbeda dari hari biasa. Bahkan Rasulullah menyebut bahwa ibadah umrah saat Ramadhan pahalanya sama dengan orang yang telah mengerjakan ibadah Haji.

10. Berbuka dengan Makanan Manis

Berbuka puasa dengan memakan makanan manis merupakan sunnah Rasul. Jadi sebelum makan-makanan berat seperti nasi hendaknya terlebih dahulu makan kurma, air hangat atau susu. Selain disunnahkan dalam agama Islam, buka dengan makanan manis juga baik untuk kesehatan. Karena seharian tubuh menahan lapar dan haus, dengan makanan manis maka akan memulihkan tenaga.

(Suara.com)

Berita Terkait

Baca Juga