Universitas Andalas Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Jalur SIMA Unand

Universitas Andalas Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Jalur SIMA Unand Wakil Rektor I Unand Prof. Dr. Mansyurdin, MS, saat memberikan keterangan persnya, Senin (6/6/2022)

Covesia.com - Sejak ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) Universitas Andalas (Unand) memberi ruang pada calon mahasiswa baru melalui penerimaan jalur mandiri Seleksi Masuk (SIMA) Unand.

Wakil Rektor I Unand Prof. Dr. Mansyurdin, MS menyampaikan, mulai tahun ini tidak ada lagi istilah seleksi mandiri seperti tahun sebelumnya. Mulai tahun 2022 ini pembukaan pendaftaran mahasiswa disebut SIMA Unand.

Kemudian untuk tahun ini daya tampung penerimaan mahasiswa baru di Unand memiliki kuota sebanyak 7.070 mahasiswa.

"Jadi jumlah penerimaan mahasiswa Unand tahun ini terdiri dari jalur SNMPTN 1.374 (20%), SBMPTN 2.856 (40%) dan SIMA Unand 2.849 dengn total 7.070 mahasiswa baru,” ungkap Prof. Mansyurdin.

Lebih lanjut kata Mansyurdin, untuk penerimaan SIMA ini memiliki lima kategori yang dapat dipilih oleh pendaftar untuk tahun 2022 ini yakni jalur Akademik, jalur Prestasi, jalur Kerja Sama dengan Pemerintah atau Perusahaan, jalur Disabilitas, dan Internasional. 

"Untuk di jalur prestasi seperti hafiz Quran, juara perlombaan di tingkat nasional dan internasional, termasuk ada yang baru sekarang yaitu prestasi sebagai ketua Osis, calon pemimpin berpengalaman yang kita siapkan. Jadi tidak hanya mengandalkan akademik, fakultas dan prodi akan menilai apakah dia layak atau tidak di prodi itu,” kata dia.

Namun Mansyurdin menyayangkan, dari penyandang disabilitas belum ada yang mendaftar.

Untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk kuliah di Unand masih ada di varian SIMA Unand 2022 ini dengan masuk melalui jalur kerjasama dengan pemerintah daerah yang direkomendasikan oleh Dinas Sosial daerah setempat.

“Khusus calon mahasiswa kurang mampu, siapa orangnya ditentukan oleh Pemda setempat, dengan syarat terdaftar di Dinas Sosial setempat, punya nilai akademik sebagai syarat kelulusan serta kesiapan dan jaminan Pemda yang mengirimkan untuk pembiayaannya selama kuliah," sebutnya.

Ia menjelaskan untuk jadwal SIMA Unand di varian Prestasi, Kerjasama dan Difabel pendaftara peserta SIMA Unand, pada 12 Mei - 7 Juni 2022, seleksinya pada 8-22 Juni 2022.

Kemudian untuk jadwal SIMA Akademik pendaftaran dimulai pada  6 - 25 Juni 2022 dengan jadwal ujian pada 27-28 Juni 2022.

“Jadwal ujian ditetapkan 27-28 Juni 2022 di Kampus Unand, pengumuman 6 Juli 2022. Jadi, kita berharap peserta SIMA Unand dari luar Provinsi Sumbar, mohon perhatikan betul jadwal ujian dan tempat ujian, karena ujiannya tidak online, tapi offline di kampus Unand Limau Manis,” jelasnya.

Untuk keterangan lebih lanjut kata Mansyurdin, bagi pendaftar melalui jalur SIMA Unand ini bisa juga dilihat di website: pmb.unand.ac.id.

(don)

Berita Terkait

Baca Juga