Pilihan Polis Asuransi dan Rekomendasi Polis Terbaik di Indonesia

Pilihan Polis Asuransi dan Rekomendasi Polis Terbaik di Indonesia Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Dalam dunia asuransi ada banyak istilah yang perlu dipahami, salah satunya adalah polis asuransi. Bagi pengguna asuransi istilah ini sudah tidak asing lagi. Namun bagi pemula mungkin masih ada yang bingung tentang polis asuransi.

Polis asuransi adalah bukti perjanjian antara nasabah dan perusahaan asuransi yang sah dan terikat. Secara umum, polis asuransi berisi semua syarat, data pemegang polis dan tertanggung, manfaat pertanggungan, pengecualian, hak, dan kewajiban masing-masing pihak serta ketentuan dari prinsip kerja asuransi yang dijalankan. 

Setiap perusahaan asuransi memiliki berbagai jenis polis asuransi dengan tujuan dan keuntungan yang berbeda agar nasabah bisa menentukan produk mana yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah perencanaan investasi yang sedang disiapkan. Anda bisa menemukan salah satunya dalam pilihan polis asuransi Cigna.

Sebelum membeli salah satu polis asuransinya, pembahasan mengenai macam-macam polis asuransi serta rekomendasi polis asuransi berikut bisa Anda ketahui terlebih dahulu!

Macam-Macam Polis Asuransi

Sebenarnya ada banyak jenis polis asuransi, dibawah ini akan kami berikan beberapa jenis polis asuransi secara umum.

Polis Asuransi Jiwa

Polis asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang mengukur nilai jiwa nasabahnya dengan sejumlah nominal uang. 

Uang asuransi nantinya akan diberikan ketika nasabah meninggal kepada ahli warisnya. Dokumen polis asuransi jiwa ini akan menjadi syarat klaim asuransi oleh ahli waris.

Polis Asuransi Kesehatan

Jenis polis asuransi berikutnya adalah asuransi kesehatan yang sering ditemui di masyarakat. Jenis ini akan memberikan jaminan biaya perawatan medis ketika nasabah mengalami sakit atau kecelakaan. 

Umumnya jaminan perawatan yang akan ditanggung asuransi kesehatan adalah rawat inap dan rawat jalan.

Polis Asuransi Rumah

Polis asuransi rumah atau properti memungkinkan nasabah memperoleh ganti rugi atas tempat tinggal yang mengalami kerusakan. 

Kerusakan bisa terjadi akibat dari bencana alam, kebakaran, banjir, atau kesepakatan lainnya yang tertulis dalam polis asuransi.

Polis Asuransi Kendaraan

Polis kendaraan ditujukan untuk memperoleh jaminan asuransi pada kendaraan bermotor milik nasabah yang didaftarkan. 

Biasanya perusahaan asuransi menanggung polis asuransi motor hingga mobil dengan kerugian yang mungkin terjadi. 

Polis Asuransi Perjalanan

Polis asuransi perjalanan menanggung risiko yang dialami selama melakukan perjalanan. Polis asuransi berlaku mulai dari berangkat hingga pulang ke tempat asal. Polis asuransi ini biasanya digunakan untuk wartawan yang meliput ke daerah berbahaya.

Polis Ditaksir

Polis ditaksir atau valued policy adalah asuransi yang memungkinkan nasabah mendapatkan ganti rugi sesuai nominal yang sebelumnya sudah ditaksir.

Polis Tidak Ditaksir

Polis tidak ditaksir atau unvalued policy adalah asuransi di mana nilai pertanggungan yang tertera dalam polis hanya sebagai batas maksimal atau satuan tersendiri untuk menentukan besarnya nominal klaim yang akan diberikan nanti.

Polis Risiko Perang

Sesuai namanya, polis jenis ini memungkinkan perusahaan asuransi memberikan jaminan asuransi jiwa kepada nasabah yang berada di daerah atau wilayah perang.

Polis Veem

Polis vee mini akan menanggung risiko kehilangan atau kerusakan barang milik nasabah yang disimpan di dalam tempat penyimpanan seperti gudang.

Rekomendasi Polis Asuransi di Indonesia

Semakin meningkatnya permintaan asuransi di Indonesia membuat semakin banyak pula hadir perusahaan asuransi. Anda harus pintar memilih perusahaan mana yang bisa anda percaya untuk mengelola asuransi anda. 

Sebelum memutuskan memilih asuransi mana, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu berbagai macam asuransi mulai dari harga, manfaat pertanggungan, hingga kredibilitas perusahaan asuransi.

Salah satu perusahaan asuransi di Indonesia yang terpercaya adalah PT Asuransi Cigna karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Asuransi Cigna melayani produk asuransi secara eksklusif. 

Adapun beragam pilihan polis asuransi dari Cigna memiliki keunggulan dalam produk-produknya, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Tidak hanya itu, asuransi Cigna juga mencakup asuransi penyakit kritis hingga asuransi karyawan.

Keuntungan yang ditawarkan asuransi Cigna adalah memberikan jaminan atas biaya perawatan medis, gigi, kesehatan jiwa, farmasi, perlindungan risiko kecelakaan, medical check up, telekonsultasi, pengembalian premi, dan lainnya. 

Beberapa anak perusahaan rekanan diantaranya Connecticut General Life Insurance Company, Cigna Health and Life Insurance Company, Life Insurance Company of North America, dan Cigna Life Insurance Company of New York.

(ril) 

Berita Terkait

Baca Juga