Pengabdian ke Masyarakat, Dosen UNP Bekali Guru SMKN 2 Payakumbuh Pelatihan Aplikasi Simulasi Elektronika

Pengabdian ke Masyarakat Dosen UNP Bekali Guru SMKN 2 Payakumbuh Pelatihan Aplikasi Simulasi Elektronika Tim dosen jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNP berikan pelatihan literasi digital kepada para guru SMKN 2 Payakumbuh

Covesia.com - Isu mengenai literasi digital ramai diberitakan media belakangan ini,  pentingnya literasi digital dalam meningkatkan kecakapan masyarakat menggunakan media berbasis digital merupakan urgensi saat ini.

Mengingat hampir semua kegiatan kini telah di digitalisasi, Universitas Negeri Padang (UNP) bersama tim dosen dari Jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di kota Payakumbuh. SMKN 2 Payakumbuh menjadi sasaran bagi tim dosen Fakultas Teknik dari UNP ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital guru dalam pembelajaran sehingga siswa  lulusan sekolah dalam hal ini SMK khususnya dapat memiliki lierasi digital yang baik setelah lulus. Pada kegiatan ini diberikan pelatihan penggunaan software simulasi elektronika .

Selain urgensi ini media digital dapat membantu dalam penyampaian materi dalam pembelajaran sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai media pembelajaran, dengan diberikannya pelatihan ini diharapkan guru dapat membantu meningkatkan kompetensi literasi digital guru sehingga dapat mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja yang sekarang ini serba digital.

SMKN 2 Payakumbuh sebagai  SMK Teknologi yang ada di kota payakumbuh sangat antusias mengenai kegiatan ini yang dibuka pada Sabtu tanggal 23 Juli 2022 oleh Waka Kurikulum SMK Negeri 2 Payakumbuh Bapak Halim, S.Pd, M.Pd.T.

Ketua PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Sartika Anori, S.Pd, M.Pd.T mengatakan pelatihan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkakan literasi digital guru-guru SMK di kota Payakumbuh.

"Semoga setelah memperoleh pelatihan ini guru-guru dapat merealisasikannya dalam  proses pembelajaran," ujar Sartika dalam keterangan tertulisnya yang diterima Covesia, Kamis (4/8/2022).

Sartika berharap guru-guru lebih bersemangat mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan seperti ini guna meningkatkan kompetensi.

(adv)

Berita Terkait

Baca Juga