Meriahkan HDKD ke-77, Kanwil Kemenkumham Sumbar Gelar Pentas Seni Budaya Minangkabau di Pariaman

Meriahkan HDKD ke77 Kanwil Kemenkumham Sumbar Gelar Pentas Seni Budaya Minangkabau di Pariaman Pembukaan Semarak Kumham Pentas Seni Budaya Minangkabau di kawasan Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Sabtu (6/8/2022)(Foto: Covesia-Primadoni)

Covesia.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia Sumatera Barat (Kanwil Kemenkumham Sumbar) menggelar Semarak Kumham Pentas Seni Budaya Minangkabau Tahun 2022, di Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Sabtu (6/8/2022).

Kegiatan Pentas Seni Minangkabau ini merupakan kolaborasi Kemenkumham Sumbar dengan Pemerintah Kota Pariaman, yang dikemas dalam bentuk lomba Seni Budaya Minangkabau, seperti lomba Tari Kreasi Minangkabau, Randai, Paduan Suara Lagu Minang, hingga Atraksi Musik dan Penampilan Silat.

Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya mengatakan, Semarak Kumham Pentas Seni Budaya Minangkabau ini merupakan bentuk kepedulian Kanwil Kemenkumham Sumbar terhadap kearifan lokal di Sumatera Barat.

"Ini bukti kepedulian Kemenkumham Sumbar terhadap budaya dan kearifan lokal, dan sesuai pesan dari Pak Menteri, bagi kami ini bukan saja sebagai kewajiban, tapi merupakan hak bagi kami untuk melestarikan, menjaga dan memajukan kebudayaan di Republik ini, khususnya budaya luhur di Ranah Minang," ungkap Andika.

Ia menjelaskan dengan mengkolaborasikan perayaan Ulang Tahun Kemenkumham, HDKD ke-77 dengan Perayaan Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022, beragam kreasi seni budaya Minangkabau dipentaskan oleh pelajar, mahasiswa dan pegiat seni se-Sumbar pada acara ini.

"Dalam Perlombaan ini juga dinilai oleh tujuh orang juri yang menjadi tim penilai, seperti dari pegiat seni yang mumpuni dari berbagai kalangan di Sumbar," sebutnya.

Dan nantinya lanjut Andika, beragam hadiah diperebutkan dalam lomba ini. Enam Juara Terbaik akan mendapatkan berturut-turut Piala Menkumham, Piala Gubernur Sumbar, Piala Sekjen Kumham, Piala Wakil Gubernur, Piala Kakanwil, dan Piala Walikota Pariaman. 

"Sementara itu, juga akan dipilih satu Juara Favorit yang mendapat Piala Kakanwil pula. Di samping itu, seluruh pemenang juga akan mendapatkan uang pembinaan dengan total puluhan juta rupiah," jelas Andika. 

Lebih lanjut kata Andika, dengan adanya agenda kegiatan Pentas Seni ini, juga bisa membantu meningkatkan kunjungan wisata di Kota Pariaman.

"Kita sebagai organisasi vertikal di pemerintahan ini sangat mendukung peningkatan nilai budaya dan pariwisata di Sumbar dan khususnya di Kota Pariaman, mudah-mudahan ini berdampak baik, karena kegiatan ini cukup melibatkan banyak orang," kata dia.

Kakanwil juga berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan Kemenkumham Sumbar lebih luas lagi kepada masyarakat Sumatera Barat, selain itu sebagai wahana pergaulan dan kebersamaan bersama mitra kerja Kanwil Kemenkumham Sumbar.

‚ÄúDengan kegiatan ini, semoga semangat dan kebersamaan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar lebih meningkatkan kinerja insan Pengayoman semakin Pasti dan Berakhlak," tegas Andika. 

Sementara itu Walikota Pariaman, Genius Umar mengungkapkan, sangat mengapresiasi kegiatan Semarak Kumham Pentas Seni Budaya Minangkabau ini diadakan di Kota Pariaman.

"Kita sangat bersyukur kegiatan ini diadakan di Kota Pariaman, karena juga bisa menjadi agenda rangkaian Festival Pesona Hoyak Tabuik di Kota Pariaman. Dan kegiatan ini sengaja kita minta kepada Kakanwil untuk dilaksanakan di Kota kita," ungkap Genius Umar.

Lebih lanjut kata Genius Umar, dengan diadakannya Pentas Seni Budaya Minangkabau ini di Kota Pariaman, Kemenkumham juga turut membantu mendongkrak kunjungan Pariwisata di Kota Pariaman.

"Dan kita bersyukur sekali, Kemenkumham Sumbar juga turut memajukan Pariwisata di Kota Pariaman dengan agenda ini. Kita lihat saja dengan adanya acara ini kunjungan wisata di Kota Pariaman hari ini saja cukup meningkat sangat signifikan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua I Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Laksamana Pertama TNI (Purn) Hargianto, menyampaikan apresiasi kepada Kanwil Kemenkumham yang telah ikut serta dalam menjaga dan melestarikan Budaya Alam Minangkabau dalam kegiatan ini.    

"Kita sangat mendukung sekali apa yang dilakukan Pemerintah Daerah beserta Institusi vertikal yang ikut serta untuk membangun budaya atau kearifan lokal bagi para kawula muda atau anak kemenakan kami di Minangkabau ini," ungkap Hargianto yang bergelar Datuk Bagindo Malano Nan Hitam.

Ia berharap dengan kegiatan Pentas Seni Budaya ini, agar para generasi muda saat ini lebih mencintai budaya lokalnya sendiri.

"Kita tahu, saat ini budaya-budaya barat sangat berpengaruh sekali terhadap perkembagan zaman saat ini, jadi kita berharap dengan diadakannya Semarak Kumham Pentas Seni Budaya Minangkabau ini, kearifan Budaya lokal kita tetap terjaga, agar anak kemenakan kita lebih mencintai budayanya sendiri dari pada budaya luar tersebut," kata dia.

(don) 

Berita Terkait

Baca Juga