Dialog Survei Kebudayaan, Irman Gusman Sebut Kebudayaan Merupakan Roh untuk Membangun Suatu Bangsa

Dialog Survei Kebudayaan Irman Gusman Sebut Kebudayaan Merupakan Roh untuk Membangun Suatu Bangsa Ketua Pembina Yayasan Pusat Kebudayaan Minangkabau (YPKM), Irman Gusman

Covesia.com - Ketua Pembina Yayasan Pusat Kebudayaan Minangkabau (YPKM), Irman Gusman sebut kebudayaan sebagai roh untuk membangun suatu bangsa. Hal itu disampaikan saat hadir di Dialog Nasional Survei Kebudayaan di Padang, Senin (5/9/2022).

"Dari hasil survei yang dilakukan, terlihat kebudayaan merupakan roh penting dalam sebuah pembangunan suatu bangsa," tuturya.

"Kebudayaan ini sangatlah penting, apalagi pada abad ke 21 ini perkembangan teknologi semakin pesat. Sehingga banyak kegiatan yang dilakukan manusia diganti robotik," tambahnya.

Dialog nasional kebudayaan ini bertemakan Persepsi Masyarakat Tentang Makna Kebudayaan di Indonesia. Kata Irman, untuk menyambut Indonesia Emas 2045 perlu dilakukan dengan pendekatan kebudayaan, karena kebudayaan juga merupakan  mainstream untuk segala sektor, termasuk sektor ekonomi.

"Dalam hal ini, YPKM memberikan kontribusi bahwasannya masalah kebudayaan merupakan masalah yang sangat penting menuju generasi emas 2045 mendatang," tuturnya. 

Dialog nasional ini digelar di Hotel Santika Premiere Padang, dengan menghadirkan tokoh masyarakat, niniak mamak, cadiak pandai hingga generasi muda. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian acara yang nantinya akan dilanjutkan menuju puncak Kongres Kebudayaan, dengan menghadirkan tokoh nasional dan internasional yang akan digelar pada Desember 2022 mendatang.

Survei yang dipresentasikan merupakan hasil dari tim survei yang diketuai oleh Asrinaldi, yang juga anggota Badan Pekerja Kongres Kebudayaan 2022. Surve ini dilakukan dari tanggal 13-19 April 2022 secara online terhadap 1.200 responden masyarakat Indonesia yang berdomisili mulai dari Aceh sampai dengan Papua.

(lsa)


Berita Terkait

Baca Juga