KSNT Akan Gelar Pentas Healing Hilang di Padang, Ceritakan Gangguan Mental Pascatrauma

KSNT Akan Gelar Pentas Healing Hilang di Padang Ceritakan Gangguan Mental Pascatrauma

Covesia.com - Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) akan mementaskan kembali sebuah pertunjukan teater yang bertajuk Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar di Padang pada Kamis (3/11/2022) pukul 20.30 WIB.

Pertunjukan tersebut akan dipertontonkan pada Kaba Festival  2022 di Gedung Manti Menuik Ladang Tari Nan Jombang, Balai Baru, Kota Padang, Sumatera Barat.

Diketahui sebelumnya, pertunjukan yang bertajuk Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar ini juga telah ditampilkan pada Festival Teater Sumatera #2 di Palembang dengan menuai banyak apresiasi dari penonton.

Sutradara pertunjukan, Mahatma mengatakan, secara konsep pertunjukan Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar yang akan ditampilkan tidak jauh berbeda dari pada pertunjukan yang telah dibawakan sebelumnya di Palembang.

"Namun ada beberapa hal-hal detail yang tidak sempat dimaksimalkan sebelumnya akan lebih diperkuat lagi," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (2/11/2022).

Sambungnya, secara umum pertunjukan ini bercerita tentang permainan yang buruk dari orang-orang yang menderita gangguan mental pascatrauma.

Lanjutnya, orang-orang yang tidak kuasa menolak dan keluar dari  kelelahan emosional yang tercerminkan melalui beragam bentuk ekspresi.

"Healing-healing sebentar, tetap sakit kemudian. Usaha penyembuhan diri dari orang-orang stress, depresi, dan trauma justru dirundung dan jadi objek cemoohan orang-orang lainnya. Menjadi tontonan yang viral di ruang publik virtual. Cara  dan usaha tradisional untuk kesehatan mental gagal dan terpental. Melalui ritual-ritual yang dilakukan aparatur pemerintah, Negara sukses mengamalkan kebijakan publik jenis terbaru yang berdasar pada undang-undang lain sakit lain diobat”, ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan Produksi Zalmasri mengatakan, KSNT akan tampil pada tanggal 3 November 2022 pukul 20.30 WIB. Segala persiapan sudah dipersiapkan dengan matang.

"Kami tunggu kehadiran teman-teman di gedung Manti Menuik Ladang Tari Nan Jombang pada tanggal 3 November 2022," katanya.

Selain pertunjukan dari KSNT, dalam Kaba Festival 2022 juga dihadirkan Mendalo Dance Project (Jambi) dan Nani Topeng Losari (Cirebon) yang akan tampil pada hari pertama 1 November 2022.

Kemudian pada hari kedua akan ditampilkan pertunjukan dari Taufik Adam (Jakarta) dan Rodrigo Parejo (Spanyol), dan pada hari ketiga akan nada pertunjukan dari KSNT dan Fiza Dance Company (Padang).

Selain akan dipertontonkan di Padang, pertunjukan Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar juga akan dibawakan lagi pada rangkaian acara Festival Pamenan di Istano Silinduang Bulan, Pagaruyung, Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat pada 13 November 2022 mendatang. 

(*) 

Baca Juga