Ada Pameran Reptil di Plaza Andalas

Ada Pameran Reptil di Plaza Andalas Foto: Covesia - Laila

Covesia.com - Komunitas Reptil dan Amphibi (KRAP) menggelar pameran hewan eksotis, bazar, kontes reptil, dan lelang reptil di Plaza Andalas Padang. Kegiatan tersebut dalam rangka 'Ranah Bertaring 4 Retic Fest 2023' yang sudah dilakukan semenjak 2019.

"Ada 30 kelas reptil yang akan mengikuti kontes. Masing-masing reptil seperti Ular ada yang kategori Piton, Ular berbisa, jenis Kadal ada Biawak, ada Iguana dan Kadal lainnya," ungkap Sekretaris Krap, Sanefan Efendi, saat ditemui di Plaza Andalas Padang, Jumat (13/1/2023).

Lebih lanjut Sanefan mengatakan peserta dari Sumatra dan Jawa kebanyakan dari pekanbaru, Medan, Jambi, dan Jakarta.

"Kegiatan ini akan diadakan mulai tanggal 12 Januari sampai dengan 15 Januari 2023. Kita juga mengundang bintang tamu Panji Petualang sebagai juri di hari Minggu," tambahnya.

Sanefan juga menyebutkan tujuan kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat karena sering terjadi konflik antara manusia dan reptil, salah satunya ular masuk rumah. Kadang warga tidak sadar apakah jenis reptil tersebut berbisa atau tidak.

"Kita juga memberi edukasi pada masyarakat agar jangan dibunuh, bisa dengan direlokasi ke tempat lain. Bagi yang berbisa kita juga bisa bantu rescure penyelamatan satwa dari rumah warga," tambahnya.

Pengunjung kata Sanefan dibolehkan berfoto dengan hewan dengan biaya seikhlasnya. 

"Ke depan kita berharap minat masyarakat tergairahkan lagi untuk memelihara hewan. Sebab karena pandemi minat masyarakat dinilai kurang untuk memelihara hewan," pungkasnya.

(ila)


Baca Juga