Saat Kader PAN Agam Tunjukkan Kesetiaan

Saat Kader PAN Agam Tunjukkan Kesetiaan Patra Rina Dewi

Covesia.com - Sebagai sesama kader PAN saya mengucapkan salut untuk kader PAN Agam dalam hal ini diwakili pimpinan DPC, yang berani menyatakan sikap dan konsisten terkait Pilkada Agam 2020.

Tentu mereka sadar, pilihan yang mereka ambil punya resiko, terutama terkait status di partai. Disinilah rasa kagum saya kepada para kader tersebut, mereka tak gentar dan tetap maju. 

Dari pemberitaan yang saya baca, mereka tersebut dicap sebagai pembelot dari keputusan partai. Narasi tersebut saya sangat tidak setuju, dengan sikap mereka tersebut saya malah mengatakan justru menunjukkan kesetiaan, bukan membelot.

Kesetiaan terhadap pendidikan politik bagi masyarakat. Sebagaimana yang tertuang dalam UU No 2 Tahun 2011 tentang partai politik. Para kader tersebut menunjukkan kalau DPP tidak akan pernah ada jika tidak ada kader di daerah. Dan kader partai di daerah adalah sosok yang paling paham terhadap daerahnya masing-masing.

Mereka menunjukkan kesetiaan terhadap aspirasi yang mereka tampung. Sebagai pimpinan di daerah masing-masing, tentu mereka mendapatkan masukan terhadap siapa yang diinginkan masyarakat untuk memimpin Agam ke depan.

Saya menilai saudara kader tersebut ingin memberikan contoh, kalau kader di daerah bukan sekedar syarat berdiri nya partai, atau sekedar pemanis kuantitas. Saudaraku ingin menunjukkan kalau elit politik di DPP tidak selalu benar dan harus menghargai aspirasi kader di daerah. Sikap saudaraku di Agam sudah disampaikan sejak beberapa bulan lalu. Dan mereka konsisten.

Terkait dengan sosok, mungkin pendapat saya dan mereka di Agam hampir sama. Bagi saya Taslim Dt Tambogo adalah kader PAN yang dikenal sebagai kader yang loyal, rela berkorban dan lebih mengutamakan kepentingan orang banyak daripada kepentingan pribadi, keluarga dan kelompok. 

Para kader PAN tersebut mengikuti hati nurani mereka, yang tak bisa menafikan pengorbanan dan perjuangan Taslim dalam membesarkan PAN di Sumbar. Dari awal PAN berdiri, Taslim merupakan sosok yang penuh semangat mengangkat derajat partai PAN di Sumbar. Dia meniti karir politik juga dari bawah, mulai dari BM PAN.

Dengan atau tanpa jabatan, Taslim tetap punya perhatian kuat terhadap PAN, terutama kader. Wajar saja banyak kader yang menjadikan Taslim sebagai panutan di Sumbar. Sampai kapanpun, sejarah perjalanan PAN di Sumbar tidak akan pernah dilepaskan dari sosok Taslim.

Tapi karena ambisi politik beberapa orang yang haus jabatan, Taslim "disingkirkan". Dan menurut saya merugilah PAN  dan beruntunglah Agam, karena insya Allah  Taslim Dt Tambogo amanah, merakyat, berdedikasi dan konsisten. 

Taslim punya sederet pengalaman yang cukup mumpuni. Dua periode di DPRD Sumbar, lalu menjadi anggota DPR RI. Suara lantangnya membela kepentingan rakyat dan mengkritik pemerintah masih bisa dilihat dari jejek digital. 

Selamat berjuang saudaraku, niat tulus untuk daerah dan masyarakat akan mendapatkan balasan yang setimpal.

Penulis merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Padang

Patra Rina Dewi

Patra Rina Dewi ( Kader PAN Padang )

Berita Terkait

Baca Juga