Tradisi Unik Warga Tionghoa dalam Merayakan Imlek

Tradisi Unik Warga Tionghoa dalam Merayakan Imlek Ilustrasi

Covesia.com - Pergantian tahun baru imlek menjadi momentum yang  di tunggu-tunggu banyak orang. Kata "imlek" bukanlah nama perayaan tahun baru tiongkok sebenarnya.  Kata ini di ambil dari bahasa Hokien dan hanya digunakan orang indonesia saja.  

Orang Tiongkok menamainya dengan sebutan "Guo nian" atau "Xin jia" yang artinya lewati bulan atau bulan baru.

Untuk menyambut tahun baru imlek,  orang Tionghoa melakukan berbagai hal untuk memeriahkan perayaan yang menjadi momen  berkumpul ini,  termasuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan tradisi tahun baru imlek. 

Dilansir dari beberapa sumber tentang tradisi unik pada saat imlek, berikut tradisi warga Tionghoa dalam merayakan Imlek.

1. Bersih-bersih Rumah

Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa membersihkan rumah berarti membuang segala keburukan yang menghalangi datangnya keberuntungan. 

2. Dekorasi Rumah

Dekorasi yang di lakukan sebagian besar akan berwarna merah.  bagi masyarakat Tionghoa merah melambangkan sesuatu yang sejahtera dan kuat, serta membawa keberuntungan.

3. Serba Warna Merah

Warna merah dipercaya dapat mengusir Nian atau sejenis makhluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung yang keluar saat musim semi atau saat tahun baru Imlek. 

Itulah kenapa masyarakat Tionghoa menghias rumah dan menggunakan pakaian serta aksesoris berwarna merah pada saat Imlek.

4. Hidangan Khas Imlek 

Bagi masyarakat Tionghoa, makanan yang disajikan saat perayaan tersebut berlangsung minimal terdiri dari 12 jenis makanan yang melambangkan 12 macam shio dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa. Misalnya, ayam utuh yang melambangkan kemakmuran keluarga

5. Dilarang Membalik Ikan saat Menyantapnya 

Masyarakat Tionghoa percaya kalau kebiasaan ini merupakan lambang dari nilai surplus untuk tahun yang akan datang.

6. Petasan dan Kembang Api

Membakar petasan dan kembang api tepat di hari raya Imlek wajib dilakukan untuk mengusir nasib-nasib buruk di tahun sebelumnya dan mengharapkan tahun baru yang lebih bahagia dan lebih baik.

7. Pergelaran Liong dan Barongsai 

Dalam kepercayaan orang China, Liong (naga) dan Barongsai merupakan lambang kebahagiaan dan kesenangan. 

Tarian naga dan singa ini dipercaya merupakan pertunjukan yang dapat membawa keberuntungan serta salah satu cara mengusir roh-roh jahat yang akan mengganggu manusia.

8. Bagi-bagi Angpao

Tradisi bagi-bagi angpao ini merupakan tradisi di mana masyarakat Tionghoa yang sudah berkeluarga memberikan rezeki kepada anak-anak dan orang tuanya.

9. Tradisi Yu Sheng 

Yu Sheng sendiri adalah tradisi yang dilakukan untuk menyambut tahun baru Imlek yang berhubungan dengan hidangan khusus di pergantian tahun.

 Menu ini wajib dihadirkan dan disantap dengan iringan doa syukur atas rezeki yang telah diberikan

10. Sembahyang Terhadap Leluhur

Ini biasa dilakukan di rumah satu hari menjelang tahun baru. Dupa dan lilin dinyalakan, serta menyajikan persembahan makanan, seperti buah-buahan segar, kue, daging, serta minuman. Biasanya teh dan arak. 

(mgg/Rina Syafrimon)

Berita Terkait

Baca Juga