Sosiolog: Pemerintah Harus Serius Perhatikan Penyandang Disabilitas

Sosiolog Pemerintah Harus Serius Perhatikan Penyandang Disabilitas Ilustrasi penyandang disabilitas di Indonesia

Padang - Penyandang disabilitas di Indonesia masih membutuhkan banyak perhatian dari pemerintah, karena masih banyaknya pemenuhan hak-hak mereka terabaikan.

Sejauh ini pemerintah memang sudah mulai menunjukkan perhatiaannya terhadap penyandang disabilitas, namun hal tersebut masih terfokus pada penyantunan.

Menurut Sosiolog Universitas Andalas Padang, Sumatra Barat, Afrizal, pemerintah semestinya memenuhi hak-hak penyandang disabilitas setara dengan masyarakat lainnya, artinya dalam menjalani hidup mereka tidak dibedakan. (Baca: Saya Prihatin Penyandang Disabilitas)

"Sulitnya penyandang disabilitas dalam mendapatkan pendidikan dan pekerjaan masih sering terjadi, kita berharap ini segera diperhatikan," ujar Afrizal kepada covesia, Selasa (25/11/2014).

Afrizal menjelaskan, dengan adanya ketimpangan seperti itu akan berdampak terhadap perekonomian keluarga mereka. Hal ini juga memicu meningkatnya jumlah pengemis di Indonesia.

"Mungkin kedepannya pemerintah bisa mengurangi persyaratan penerimaan pegawai negeri untuk hal kelengkapan fisik, termasuk juga perusahaan swasta, agar penyandang disabilitas mendapatkan kesempatan bersaing" imbuh Afrizal.(peb/lif)

Berita Terkait

Baca Juga