2015, Ganja Bisa Dibeli di Seluruh Apotik Uruguay

2015 Ganja Bisa Dibeli di Seluruh Apotik Uruguay Ilustrasi (antara)

Montevideo - Uruguay dapat mulai menjual ganja di apotek pada Maret 2015 mendatang, kata Kepala Badan Obat Nasional, Kamis, meskipun pemerintah semula akan menjualnya pada akhir tahun ini.

Negara Amerika Selatan itu adalah negara pertama di dunia mengizinkan budidaya, penyaluran dan penggunaan ganja. Langkah itu diambil untuk merebut kendali perdagangan dari gerombolan narkotika dan pada saat bersamaan mengatur dan bahkan memberlakukan pajak konsumsi.

Tetapi berbagai rintangan telah menghalangi langkah pemerintah untuk menepati tenggat waktu yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang yang disahkan Desember lalu itu.

Bahkan rencana untuk mulai menjual ganja pada Maret, ketika Presiden Jose Mujica menyelesaikan masa jabatannya, terlihat ambisius karena pemerintah masih menyelesaikan izin budidaya.

"Ini akan dilakukan pada akhir periode pemerintahan sekarang, awal pemerintahan berikutnya," kata Julio Calzada, Sekretaris Jenderal Badan Obat Nasional, kepada wartawan di sela-sela konferensi. (ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga