Lukisan Van Gogh 'Raccommodeuses de filets dans les dunes' Terjual Rp113 Miliar

Lukisan Van Gogh Raccommodeuses de filets dans les dunes Terjual Rp113 Miliar Lukisan Vincent Van Gogh, "Raccommodeuses de filets dans les dunes." Foto: AFP

Covesia.com - Sebuah lukisan karya Vincent Van Gogh saat masih muda terjual senilai lebih dari tujuh juta euro (sekitar Rp113,6 miliar) di sebuah pelelangan di Paris, Senin (04/06), kata balai lelang Artcurial.

‘Raccommodeuses de filets dans les dunes (Perempuan yang menambal jaring di ladang) berasal dari 1882 dan dibeli oleh seorang kolektor Amerika dalam persaingan penawaran yang meningkatkan harga jualnya jauh di atas perkiraan antara tiga hingga lima juta euro (sekitar Rp48,7 miliar hingga Rp81,2 miliar).

"Ini rekor dunia untuk lanskap Van Gogh, pada periode Belanda, yang dijual di pelelangan," kata Artcurial.

"Setiap tahunnya tidak lebih dari dua atau tiga lelang lukisan Van Gogh di dunia," tambah balai lelang itu. Di Prancis, lelang yang digelar pada Senin tersebut adalah lelang lukisan pertama karya seniman Belanda itu dalam lebih dari dua dekade.

Van Gogh melukis karya tersebut di awal kariernya saat dia berusia 29 tahun.

Penjualan terakhir lukisan Van Gogh ‘Le Jardin a Auvers’ (Taman di Auvers) di pelelangan Paris terjadi pada pertengahan 1990-an dan bernilai 10 juta dolar Amerika (sekitar Rp138,8 miliar).

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga