Tahun Baru Islam 1440 H: Ini Makna dan Keistimewaan Bulan Muharram Bagi Umat Muslim

Tahun Baru Islam 1440 H Ini Makna dan Keistimewaan Bulan Muharram Bagi Umat Muslim ilustrasi (foto: Pixabay)

Covesia.com - Hari ini seluruh umat muslim di dunia merayakan Tahun Baru Islam 1440 H. Dan tahukah anda bahwa Tahun Baru Islam merupakan hari yang bersejarah bagi umat muslim di seluruh dunia.

Satu Muharram atau yang disebut Tahun Baru Islam adalah bulan pertama dalam kalender Islam. Muharram sendiri merupakan satu dari empat bulan suci yang terjadi dalam satu tahun.

Pada awalnya, tahun baru islam digunakan untuk memperingati peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada 622 Masehi.

Pada zaman sebelum Nabi Muhammad SAW, orang-orang tidak menggunakan tahun untuk menandai suatu peristiwa.

Atas usulan dari Ali Bin Abi Thalib, kalender Hijriyah Islam dimulai dari peristiwa hijrah nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Dan atas usulan dari Ali Bin Abi Thalib inilah, akhirnya sejarah kalender islam untuk pertama kali dibuat.

Makna Tahun Baru Islam

Keistimewaan 1 Muharram berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Yaitu hijrahnya Rasulullah dan sahabatnya dari Mekah ke Madinah yang punya makna penting bagi umat Muslim. Hijrahnya Rasulullah merupakan sejarah kebangkitan Islam.

Keistimewaan Bulan Muharram juga bulan yang baik untuk menyambung silaturahmi dan menjalin kembali hubungan kekerabatan yang pernah terputus.

Hijrah merupakan tonggak kebangkitan Islam yang semula diliputi suasana dan situasi yang tidak kondusif di Mekkah.

Hijrah mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi, yaitu semangat berhijrah dari hal-hal yang buruk kepada yang baik.

Peristiwa hijrah dimaknai sebagai penanaman nilai dan semangat berhijrah untuk diri sendiri. Berani meninggalkan sesuatu yang buruk dan beralih kepada kebaikan.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga