Tips Pilih Joran Terbaik untuk Para Angler

Tips Pilih Joran Terbaik untuk Para Angler ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Bagi anda yang ingin coba menekuni dunia memancing, joran pancing adalah salah satu perlengkapan penting yang harus dimiliki. Memang ada teknik memancing yang tidak memakai Joran, tetapi umumnya kegiatan memancing kebanyakan memakai Joran Pancing.

Bagi pemula atau baru memulai hobi memancing, tentu ada sedikit kebingungan dalam memilih joran pancing, karena kesalahan dalam membeli joran tentu mengganggu kegiatan memancing.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips dan trik cara memilih joran yang baik. Dalam membeli joran pancing tidak selalu harus yang mahal, tetapi yang penting adalah yang cocok dengan target memancing. 

Sesuaikan dengan sasaran dan teknik memancing untuk memilih joran pancing

Karena teknik memancing dan sasaran memancing sangat banyak dan luas, maka memilih joran pancing harus disesuaikan dengan hal-hal tersebut. Joran untuk Teknik Jigging pasti tidak sama dengan Joran untuk Teknik Fly Fishing. Demikian juga memancing di air laut, tidak sama dengan memancing di tambak atau kolam air tawar.

Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih joran pancing, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti joran patah, senar terurai dan terbelit, tidak nyaman saat melemparkan umpan, dan bahkan tidak bisa fight dengan sempurna saat ikan menyambar umpan.

Jenis bahan dan komposit joran pancing

Perlu untuk mengetahui jenis bahan dari Joran dan kompositnya, hal ini memang tidak mutlak harus diketahui, namun anda perlu mengetahui sebagai seorang angler yang handal.

Berikut ini adalah jenis-jenis bahan dan komposit joran:

Bahan fiberglass

Ciri Joran dari bahan fiberglass ini adalah karakternya yang lentur, dari pangkal sampai ujung, dan biasanya bisa ditekuk sampai ketemu pangkal dan ujungnya. Joran ini harganya murah dan berat, biasanya dipakai oleh pemula.

Saat strike joran ini bisa sangat melengkung, dan ini yang biasanya disukai oleh angler pemula. Jika memakai joran tipe ini (apalagi jika yang ukurannya kecil), tidak mudah dan tidak enak dipakai fight dengan ikan besar.

Bahan carbon

Ciri Joran dengan bahan Carbon ini, biasanya ringan dan kurang lentur. Harganya lebih mahal dari Joran jenis Fiber Glass. Actionnya saat strike lebih enak daripada tipe fiber glass.

Namun jangan coba-coba menekuk joran ini sampai sangat melengkung kalau tidak ingin patah, karena karakter bahan Karbon yang getas. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah adanya gambar hati-hati halilintar dibadannya, karena tipe joran ini adalah semi konduktor atau bisa mengalirkan arus listrik. Anda pasti tahu maksudnya, hati-hati bila pakai joran dengan bahan carbon ini jika memancing saat banyak halilintar.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari bahan-bahan diatas, biasanya terdapat juga dipasaran Joran yang terbuat dari campuran bahan-bahan tersebut.

Medium mix carbon dan fiberGlass

Dengan mencampur kedua bahan utama Joran pancing, maka bisa didapat karakter yang lebih baik dari Joran yang terbuat dari murni fiberglass atau murni Carbon. Kelebihannya dari komposit medium ini adalah actionnya sangat bagus dan lebih kuat dari bahan Carbon.

Kekurangannya adalah harganya lebih mahal dari bahan FiberGlass. Biasanya Joran jenis ini dipakai oleh Pemancing kelas menengah. 

High carbon composite

Karakter dari komposit High Carbon dan FiberGlass ini yang utama adalah terasa ringan dan mantap. Action saat strike yang bagus sekali. Harganya sangat mahal dan butuh perawatan khusus. Biasanya memang dipakai oleh pemancing profesional.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih joran pancing

Adapun pun beberapa hal yang perlu diperhatikan dan tips dalam memilih joran yang mungkin bisa membantu dan menambah wawasan anda dalam menentukan joran pancing yang anda pilih.

Saat pemilihan joran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah joran pancing sebagai berikut :

Berat joran / stick pancing

Untuk joran fiberglass itu kuat dan elastis , tapi cukup berat, sedang joran carbon itu ringan tapi lebih mudah getas atau patah dibandingkan dengan joran fiberglass. Tapi untuk teknik casting sebaiknya memilih joran yang ringan agar tidak membuat kita cepat  lelah.

Handle / grip

Model handle ini ada 3 jenis, yaitu handle pendek, medium dan panjang. Joran yang pendek ini, biasanya dipakai untuk single-hand casting (casting dengan 1 tangan), dan yang panjang untuk double-hand casting (casting dengan 2 tangan).

Handle yang medium, biasanya untuk single-hand casting tapi posisi ujung joran yang lebih panjang ini akan membantu kita menahan beban joran, terutama saat fight dengan ikan. Terutama anda harus tahu dulu, reel apa yang akan kita pakai. Kalau kita mau pakai Reel Spinning joran juga harus disesuaikan, demikian juga kalau kita mau pakai Reel Bait.

One piece rod

Joran  terbaik, sebenarnya adalah joran yang cuma 1 batang saja, alias tidak ada sambungan.  Untuk joran panjang lebih dari 180cm, agak sulit rasanya kalau kita memaksa memakai yang  one piece  itu.

Contoh saat membawanya memakai motor untuk menuju spot mancing. Nah, untuk joran panjang, akan lebih baik kalau kita memilih yang 2 pieces untuk panjang joran sekitar 2,1-3 meter, atau 3 pieces untuk joran yang lebih panjang lagi.

Type Joran Fast Tapper, Slow Tapper

Untuk joran ada 2  type yang Fast Tapper dan juga Slow Tapper. Isitilah tapper ini seperti kecepatan action di joran dalam merespon gerakan saat menghentak joran pada waktu “hit” atau lure disambar ikan tersebut.

Ciri-ciri joran fast tapper ini cenderung keras di bagian pangkal sampai ke bagian tengah joran, baru agak lemas/lentur di ujungnya, sedang yang slow tapper cenderung lentur mulai dari ujung joran dekat handle/grip.

Untuk joran fast tapper cenderung lebih mudah dipakai, karena dengan joran ini kita bisa casting lebih jauh dan respon joran saat digentak juga cukup cepat.

Tips

Beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam memilih joran ketika hendak memancing, antara lain:

  • Carilah  spot atau lokasi di mana  akan memancing, tentukan  pilihan joran pancing. Jika kita akan memancing di laut, lebih baiknya kita memilih joran yang biasa tergabung dengan reel di dalamnya. Bisa juga yang include atau bisa kita cari secara terpisah. Karena lokasi laut membutuhkan senar (benang pancing) yang panjang.
  • Carilah jenis joran batangan jika lokasi memancing ada di sungai-sungai dangkal, kolam pancing, maupun di tepi-tepi danau. Agar untuk memudahkan kita dalam menghandle joran pancing. Tidak ada aturan memang untuk menggunakan jenis joran ini di tempat-tempat tersebut. Namun kenyaman lah  banyak pendapat dari pemancing yang enjoy/lebih senang menggunakan jenis joran batangan ini.Dan itupun  kembali ke kenyamanan kita masing-masing saat mancing di lokasi tersebut.
  • Apabila memilih joran dengan tempat senar (benang pancing) sebagai jalanya benang pancing dari reel, pilihlah yang mempunyai dasar berlapis keramik, karena jika terjadi gesekan pada saat terjadi Fight, kemungkinan tali pancing (senar) putus akan berkurang. Lain halnya jika Anda memilih cincin tali pancing yang berdasar besi atau logam-logam lain yang mudah berkarat. Hal ini bisa membuat tali pancing Anda putus karena gesekan yang terjadi.
  • Untuk diameter dari joran juga tidak kalah pentingnya dalam penentuan ini. Karena joran dengan diameter besar, sangat tidak nyaman di pegangan ketika tangan sang pemancing lebih kecil. Hal tersebut juga perlu kita perhatikan dalam lokasi mancing kita. Jangan memilih joran dengan diameter kecil jika lokasi memancing kita adalah di lautan dengan target ikan besar.

Ada dua jenis macam type reel seat pada joran:

Reel seat adalah tempat dudukan reel pada joran, ada dua macam type reel seat pada joran yaitu spinning reel dan baitcasting reel atau overhead, untuk reel spinning di bawah dan reel baitcasting diatas.

Spinning reel

Cukup mudah memakainya bisa dengan cepat menggulung benang, jarang terjadi trouble dengan benang seperti “lash-back”, cukup mudah casting jauh meski lurenya ringan, untuk mancing di kolam lebih mudah. Kekurangannya adalah kalau benang tidak kencang maka akan mudah keluar dari spool semaunya sendiri.

Bait reel  atau overhead

Lebih kuat saat kita menggulung benang / fight dengan ikan, benang tidak mudah melintir. Intinya, reel ini kuat dalam hal menahan beban,dan lebih banyak gaya saat melempar pakai reel ini. Kekurangannya adalah reel ini menggulung benang dengan lebih lambat dibanding dengan spinning reel, kalau lurenya ringan agak sulit casting jarak jauh, ada resiko back lash alias benang menggulung terbalik di spoolnya.

(sea)

Baca juga: Para Angler, Ini Cara Ketahui Waktu yang Tepat untuk Memancing

Berita Terkait

Baca Juga