Paranoid Politik

Paranoid Politik Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Sikap curiga, cemas dan takut berlebihan terhadap sesuatu yang dirasa akan membahayakan dan merugikan, padahal semuanya hanya permainan pikiran saja, merupakan penyakit kejiwaan yang disebut dengan parno. 

Dalam bahasa lainnya dinamakan paranoid. Mereka yang mengalami penyakit ini perasaannya sangat sensitif dan bawaannya selalu curiga.

Biasanya penyakit ini melanda para pecandu narkoba, pelaku kriminal dan orang-orang yang telah berbuat salah. Mereka ini selalu curiga, cemas dan takut terhadap situasi yang seakan-akan orang lain mengetahui perbuatan mereka. 

Melihat orang rambut cepak, bangkit parnonya. Melihat sesuatu yang lain, keluar keringat dinginnya. Padahal itu hanya perasaan mereka saja.

Akibat curiga, cemas dan ketakutan berlebihan tadi, normatifnya orang yang parno akan menghindar, atau bersembunyi. Tapi parno ini beda, mereka uring-uringan, frontal dan meledak-ledak. 

Dengan memakai jurus dewa mabuk, mereka ini menyerang membabi buta, dan semua dilabrak tanpa pandang bulu. Kadang sudah seperti orang kehabisan akal. Inilah yang disebut dengan paranoid politik. Apapun bagi mereka ini selalu dikaitkan dengan politik.

Seorang teman menyampaikan, di tahun politik ini yang gila sudah banyak, tetapi yang akan menjadi gila karena ambilnya terlalu dalam, sepertinya akan lebih banyak lagi. 

Sebelum semuanya terlambat, karena ini menyangkut masalah kejiwaan, jadi yang sedang-sedang saja. Kontestasi politik itu seharusnya menggembirakan, bukan membuat paranoid, atau gila.

(lif)

Isa Kurniawan

Isa Kurniawan ( Koordinator Komunitas Pemerhati Sumbar )

Berita Terkait

Baca Juga