Puluhan Pesilat Berlaga di Nagari Kampung Tangah Agam

Puluhan Pesilat Berlaga di Nagari Kampung Tangah Agam Puluhan Pesilat Berlaga di Nagari Kampung Tangah Agam, Rabu (19/12/2018)(Foto: Johan)

Covesia.com - lestarikan tradisi Minangkabau serta memupuk mental generasi muda, pemerintah nagari Kampung Pinang, kecamatan Lubuk Basung, kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat (Sumbar) gelar lomba pencak silat.

Kegiatan itu dilaksanakan di lapangan Kantor Walinagari Kampung Pinang, Rabu (19/12/2018) yang diikuti 80 atlet dari perguruan silat di kabupaten Agam.

Walinagari kampung Pinang, Roni mengatakan, event tersebut merupakan program nagari yang mendukung visi misi pemerintah kabupaten Agam, yaitunya menghidupkan kembali tradisi dan kesenian minangkabau salah satunya pencak silat di nagari.

“Kita sudah melaksanakan event pencak silat semenjak tahun lalu, dan sudah menjadi program tahunan di nagari, saat ini berupa pertandingan silat jenis laga, dan kedepannya kita akan mempertandingkan silat tradisi,“ ujarnya. 

Dijelaskannya, selain melestarikan budaya, kegiatan itu juga bertujuan memupuk mental generasi muda serta mencari bibit-bibit atlet yang nantinya bisa mengharumkan nama daerah. Event di nagari bisa menjadi batu loncatan para atlet muda, dan menjadi evaluasi untuk kedepannya.

“Disini kita memupuk mental para generasi muda, bagaimana kesiapan untuk pertandingan, sikap sportifitas serta memotifasi untuk bisa bertanding di kejuaraan yang lebih tinggi, kita berharap para peserta bisa bertanding jujur, sportif dan menjalin silaturahmi dengan perguruan pencak silat lainnya“ tutup roni.

(han)


Berita Terkait

Baca Juga