Catatan Akhir Tahun dan Berbenah di Tahun Depan

Catatan Akhir Tahun dan Berbenah di Tahun Depan Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Beberapa hari lagi kita akan meninggalkan tahun 2018 dan memasuki tahun 2019. Tahun 2019 merupakan waktu dimana proses demokrasi Indonesia akan dilangsungkan. Dua pasang Capres dan Cawapres Jokow Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan bertarung untuk menuju kursi kepemimpinan Republik Indonesia (RI) 1.

Jika kita runut, sepanjang 2018, banyak peristiwa terjadi. Baik itu peristiwa politik, peristiwa bencana (Palu, NTB, Banten, Lampung dan lainnya), peristiwa sosial (reuni 212), yang menjadi pro kontra mulai dari menolak kegiatan itu hingga soal pemanfaatan reuni 212 dan perdebatan jumlah yang hadir dalam acara reuni tersebut. 

Semua peristiwa yang terjadi pada tahun 2018 itu biarlah menjadi catatan sejarah, baik atau buruknya bagi bangsa ini maupun pribadi kita sendiri.

Jika kita ulas sedikit ke belakang, selama 2018 ini stabilitas politik di Indonesia mengalami kemunduran. Hal tersebut menyebabkan terjadinya konflik horizontal di tengah masyarakat dan bahkan juga berdampak pada perekonomian.

Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dan kasus-kasus yang menyita perhatian publik juga telah menjadi perhatian publik. Mulai dari reuni 212 hingga ke pemanggilan Amien Rais dalam kasus yang menjerat Ratna Sarumpaet juga menjadi catatan sejarah dalam tahun ini.

Hal itu, tentunya tidak boleh dianggap angin lalu saja, karena setiap peristiwa yang terjadi ada penyebabnya dan sudah pasti akan ada juga akibatnya.

Hal yang nyata sangat terasa sekali ialah stabilitas politik, sosial, dan ekonomi sudah tergerus. Itu tentunya akan merugikan bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan

Saat ini, pergantian tahun sudah di depan mata. Lebih baik kita menatap ke depan dan berpedoman ke belakang. Bagi kita yang ingin bangsa ini stabil dalam segala sektor, inilah momentum tahun yang kita tunggu dan tidak berapa bulan lagi proses konstitusi itu akan berjalan. 

Kita tidak bisa melewatkan momen itu terjadi begitu saja, tapi kita harus berjuang mewujudkan kebaikan bagi bangsa dan rakyat indonesia. 

Kita tidak boleh lengah, mari kita berjuang sekuat tenaga, kobarkan semangat perjuangan, yakinkan masyarakat perjuangan kita akan membawa kebaikan bagi seluruh rakyat Indonesia dan berada di jalan yang diridhai Allah SWT. 

(lif)

Taslim Chaniago

Taslim Chaniago ( Politisi PAN / Mantan Anggota Komisi III DPR RI )

Berita Terkait

Baca Juga