Ini Dia 10 Ikan Koi Termahal di Dunia yang Bikin Anda Terheran-heran

Ini Dia 10 Ikan Koi Termahal di Dunia yang Bikin Anda Terheranheran ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Apakah anda pecinta ikan hias? Bagi penggemar ikan hias, mengoleksi berbagai jenis ikan hias memang memberikan kepuasaan tersendiri. 

Salah satu jenis ikan hias yang populer dan digemari banyak orang di seluruh penjuru dunia adalah ikan koi. Ikan hias yang satu ini memang memiliki keindahan dan corak yang khas sehingga menarik minat para pecinta ikan hias. 

Semakin bervariasi corak ikan koi, maka semakin mahal harganya. Dan tahukah anda bahwa harga ikan koi ini bisa tembus angka milyaran rupiah, lho.

Penasaran, apa saja sih ikan koi termahal di dunia yang bikin anda terheran-heran? Berikut covesia.com mengulasnya dari berbagai sumber:

1. Black Dragon


Black Dragon, seekor ikan koi yang hadir pada ajang pelelangan ikan koi di Momotaro Farm, Okayama, Jepang. Peternakan ikan koi tersebut digadang-gadang sebagai salah satu peternakan ikan koi terbaik di dunia dengan pengalaman yang sangat profesional.

Pada saat Momotaro Farm mengadakan lelang Black Dragon, harga fantastis pun ditawar oleh seseorang yang mengikuti lelang ikan koi dengan harga mencapai hampir 2.9 milyar lho! 

Harga yang sangat tinggi untuk sebuah ikan koi. Lalu, apa yang membuat ikan koi ini mahal? Disinyalir bahwa Black Dragon ini langka sehingga populasinya hanya sedikit di dunia. 

Black Dragon punya indukan yang sangat berkualitas dengan tubuh yang sempurna tanpa cacat. Belum lagi coraknya yang unik dan lain dari ikan koi biasanya, yaitu perpaduan antara merah, hitam dan putih.

 Jadi, tak heran jika Black Dragon berada di urutan pertama dalam daftar ikan koi termahal dan tercantik di dunia.

2. Dainichi Showa

Jika anda ingin tahu ikan koi termahal di dunia dengan corak langka, maka anda bisa melihat ikan koi berjenis Nisai Showa yang masuk dalam keturunan Oyagoi “Gacchami.” Kemudian, ikan ini diberi nama Dainichi Showa. 

Ikan yang satu ini juga sangat mahal mengingat tubuhnya memiliki corak yang sangat unik membuat para pecinta koi ingin memilikinya. 

Dalam sebuah event pelelangan ikan koi pada tanggal 27 November tahun 2013 silam, seseorang keluar sebagai pemenang sekaligus pemilik baru dari Dainichi Showa dengan menrogoh kocek sampai 2.15 milyar! Harga yang sangat mahal, bukan? 

Meski tidak dalam ajang pelelangan, ikan koi Dainichi Showa ini masih bisa dibeli dengan harga yang standar di pasaran ikan koi, yakni di harga kisaran 100 juta rupiah per-ekor. 

Mengapa ikan di pelelangan sangat mahal? Ikan Dainichi Showa di pelelangan tersebut dinyatakan punya kualitas sempurna tanpa cacat serta punya corak yang lebih unik dari yang lain. Apakah anda tertarik membelinya?

3. Maruten Kohaku

Maruten Kohaku berhasil dijual seharga 1,1 milyar di ajang pelelangan ikan koi Nigata, Jepang pada tahun 2010. Ikan ini mampu menembus harga fantastis karena tubuhnya sangat baik dan berkualitas sempurna dan memiliki panjang lebih dari 60 cm. Selain itu, corak merah yang berada di atas tubuh putihnya membuat ikan ini terlihat sangat manis dan cantik.

4. Blue Showa

Ikan Blue Showa pernah dilelang di acara pelelangan ikan koi di Farm Dainchi Koi, yaitu ajang pelelangan ikan yang sangat populer di Jepang. Ikan koi Blue Showa mampu menembus angka 700 juta rupiah, harga yang fantastis bukan?

Ikan koi Blue Showa berharga mahal karena corak perpaduan merah, hitam dan putih di sekujur tubuhnya yang sangat unik dan menawan. Selain itu, ikan ini mampu memiliki panjang lebih dari 35 meter walaupun belum genap satu tahun.

5. Ginrin Showa

Ikan Girin Showa ini selalu mengikuti kompetisi Supreme Championship nasional dan keluar sebagai pemenang pada tahun 1976, 1977, 1979, dan 1980. Sudah dipastikan, dengan banyaknya prestasi yang diraih, Girin Showa punya keunikan corak dengan panjang 76 cm pada saat umurnya 15 tahun.

Ikan ini memiliki memiliki corak hitam, merah dan putih yang menghiasi seluruh tubuhnya. Corak tersebut tentu membuat ikan ini semakin menawan.

6. Sansei Sanke

Ikan koi Sansei Sanke pernah dilelang seharga 100 juta rupiah pada ajang pelelangan di Sakai Fish Farm, Jepang. Ikan ini memiliki kualitas terbaik dengan panjang lebih dari 71cm ketika berusia 3 tahun.

Ikan ini memiliki corak merah yang membentuk pola tertentu di tubuh putihnya, juga corak hitam yang unik seperti lukisan alam yang menghiasi tubuh ikan.

7. Kohaku



Ikan koi Kohaku pernah dijual dengan harga mencapai 60 juta rupiah untuk per ekornya. Ikan jenis ini memiliki corak merah dan hitam yang menghiasi sekujur tubuh putihnya.

Semakin unik coraknya, maka semakin mahal harga ikan koi Kohaku. Ikan ini sangat populer di Indonesia.

8. Sanke

Kalau jenis ikan satu ini cukup populer di kalangan masyarakat yang suka dengan ikan koi. Di Indonesia sendiri, jenis ikan koi Sanke memang sangat mahal dan cukup banyak yang membudidayakannya. Ikan koi ini dijual dengan harga 20 juta per ekornya.

Ikan ini punya corak unik yaitu warna hitam yang dominan dengan paduan merah dan putih sebagai pemanisnya.

9. Bekko



Ikan koi Bekko dijual dengan harga 10 juta rupiah per kilogramnya. Ikan ini berwarna putih menawan dengan corak hitam yang menghiasi bagian atas tubuhnya. Hal tersebut dapat memberikan sugesti ketenangan pikiran untuk anda ketika dilanda penat.

Ikan koi jenis Bekko ini mampu tumbuh hingga 80 cm ketika dewasa Sangat besar bukan?

10. Asogi

Meski tidak mencapai harga milyaran rupiah, namun Asogi ini adalah salah satu jenis ikan koi yang punya harga jual sangat tinggi lho! Asogi ini bisa dibeli hingga 5 juta rupiah per-ekornya. 

Asogi berani ditawar mahal karena coraknya yang unik dengan warna silver kehitaman dari pangkal kepala hingga ujung ekor. Di bagian sirip dan kepalanya punya warna merah, kuning, oranye, dan putih. 

Ikan ini mampu memancarkan aura tenang dan elegan. Maka tak heran ikan ini sering dicari para pecinta ikan hias.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga