Barongsai, Angpau dan Petasan Diyakini Mampu Mengusir Roh Jahat saat Imlek

Barongsai Angpau dan Petasan Diyakini Mampu Mengusir Roh Jahat saat Imlek Pembakaran dupa di Klenteng See Hin Kiong, Padang, Selasa (5/2/2019)(Foto: Covesia/ Fadil Mz)

Covesia.com - Tahun baru Imlek 2570 jatuh hari Selasa (5/2), beragam kegiatan dilaksanakan oleh warga keturunan untuk memperingati tahun baru China tersebut. Selain mengisi tahun baru dengan ritual ibadah, kisah-kisah supranatural masa silam juga menghiasi perayaan Imlek tersebut. 

Davit Candra, Ketua Kelenteng See Hin Kiong, yang berada di jalan Kelenteng, Kampung Pondok, kecamatan Padang Selatan, menuturkan Imlek tidak terlepas dari gangguan roh jahat. Makanya, setiap kali perayaan, binatang legenda seperti barongsai selalu ditampilkan di tempat keramaian. 

"Barongsai dipercaya dapat mengusir roh jahat, ini selalu ditampilkan saat pergantian tahun baru. Biasanya roh jahat ada di depan pintu dan persimpangan jalan, makanya penampilan barongsai di persimpangan jalan lebih lama," ujarnya kepada sejumlah awak media di Padang, Selasa (5/2/2019). 

Sekretaris Perhimpunan Keluarga Tjoa Kwa Padang, Petrus Hendra menambahkan, selain barongsai, angpau juga berfungsi sebagai pengusir roh jahat. Angpau artinya kertas berwarna merah yang diisi dengah hadiah. Bisa berupa uang dan diberikan untuk menghibur anak-anak. Tradisi angpau lahir dari legenda ribuan tahun silam. Saat itu, ada monster yang sangat jahat, setiap tahunnya memangsa anak-anak.

Singkatnya datang seorang pahlawan yang dengan kehebatannya bisa mengalahkan monster tersebut menggunakan kekuatan api dan gada (senjata yang terbuat dari besi atau tembaga).

"Nah, untuk mengingat cerita itu, disimboliskan angpau dengan kertas merah yang menyimbolkan api. Serta koin (uang) dalam angpau itu melambangkan gada yang diberikan kepada anak-anak. Dengan tujuannya melindungi anak-anak," sebutnya. 

Selain angpau, menurutnya, petasan juga kerap dibunyikan saat perayaan Imlek, ini bertujuan untuk mengusir roh jahat, sama fungsinya dengan barongsai  dan angpau. 

 "Petasan diyakini mampu mengusir roh jahat. Makanya setiap Imlek, ada petasan," katanya.

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga