4 Tips Memilih Ikan Louhan Berkualitas Bagus

4 Tips Memilih Ikan Louhan Berkualitas Bagus ilustrasi

Covesia.com - Jenis ikan air tawar yang satu ini memang sangat mudah menarik perhatian. Hal ini dikarenakan bentuknya yang tidak seperti ikan pada umumnya, sehingga banyak orang yang berusaha saling memamerkan keunikan dan besarnya jenong peliharaannya itu.

Ikan louhan banyak dikenali karena jenong di kepalanya. Padahal, keunikannya tidak hanya terletak di jenong-nya itu. Ada juga hal lain yang menarik perhatian para pehobi louhan.

Dari warnanya, louhan memiliki banyak varian yang menarik dan cenderung berubah-ubah seiring dengan perkembangannya. Kalau kamu memeliharanya sejak kecil, kamu bisa melihat perubahan warnanya yang menarik.

Sementara dalam hal kemudahan mengembangbiakkan, ikan louhan ini termasuk dalam jenis ikan hibrida yang bisa berkembang biak dengan ikan lain selama masih berada dalam satu keluarga Cichlidae. Sehingga kamu bisa mendapatkan jenis-jenis ikan louhan yang unik dan berbeda dari yang lain.

Di sisi lain, karena ikan louhan adalah ikan hibrida, dia tidak mudah terkena penyakit. Sehingga untuk pemeliharaannya pun terhitung cukup mudah dan tidak merepotkan.

Penampilan

Biasanya, ukuran maksimal ikan louhan adalah 30 hingga 40 cm. Tingkat pertumbuhannya terhitung cukup mengesankan, di mana pada tahun pertama hidupnya mereka akan tumbuh hingga 2 cm setiap bulannya.

Secara kasatmata, ikan louhan memiliki tubuh yang besar, sirip berbentuk kipas, dan punuk berwarna terang di dahinya. Meskipun ciri-cirinya kurang lebih sama, namun sangat jarang ada yang bisa menemukan jenis-jenis ikan louhan yang benar-benar terlihat identik. Bahkan jenis yang berada dalam satu spesies sekalipun.

Hal ini diakibatkan, selain perbedaan ukuran jenong, warna pada tubuh mereka biasanya akan cenderung berbeda-beda. Apalagi masing-masing ikan akan mengalami perubahan warna tubuh beberapa kali selama 8-10 tahun masa hidupnya.

Tips Membeli Ikan Louhan

Sebelum memutuskan untuk membeli jenis-jenis ikan louhan yang ada di toko, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Beberapa di antaranya bisa kamu cek di bawah ini dirangkum covesia.com dari berbagai sumber.

1. Kualitas indukan Louhan

Secara tidak langsung induk louhan yang berkualitas dapat menyebabkan anakan yang berkualitas pula. Maka dari itu sebelum memilih anakan louhan lihatlah asal usul anakan tersebut, contohnya indukannya dan kita dapat membayangkan ikan louhan anakan bila tumbuh dewasa akan mungkin akan mirip indukannya.

2. Ciri fisik ikan Louhan

Pilih anakan ikan louhan yang memiliki jenong di bagian kepala ikan, hindari yang tidak ada benjolan di kepala walaupun harga murah karena ikan ini bila sudah dewasa juga akan murah harganya.

Lihatlah pada bagian tubuh tidak ada bercak putih ataupun jamur yang menempel pada tubuh louhan.

Dan hindari memilih louhan yang memiliki bengkok pada punggung dan kerusakan pada sirip, pilihlah louhan yang berkualitas dan sehat.

Tubuh anakan ikan louhan yang sangat dicari para penghobi louhan adalah memiliki bentuk badan yang bulat, tebal dan memanjang hindari memilih anakan louhan yang kurus dan memanjang.

Bagian mata anakan louhan juga sangat menentukan kualitas ikan louhan, mata anakan ikan louha yang bagus memiliki bulatan warna merah di kedua bola matanya.

3. Motif dan warna

Motif ikan louhan yang bagus adalah memiliki adanya motif mutiara pada bagian tubuh anakan louhan akan mempengaruhi kualitasnya. Walaupun motif mutiara tersebut besar atau kecil sama saja yang penting ada banyaknya motif mutiara pada tubuh anakan louhan.

Selanjutnya adanya motif dari garis marking yang semakin unik motifnya maka akan semakin bagus. Usahakan pemilihan garis marking yang warnanya hitam pekat dan panjang dari pangkal serip ekor sampai kepala louhan.

Selanjutnya corak warna. Warna ikan louhan yang paling sangat diminati para penghobi ikan louhan adalah warna merah yang mengisi pada bagian insang , sirip atas dan perut. Untuk gradasi warna merah ikan louhan yang bagus adalah ikan louhan yang memiliki gradasi warna warna merah yang pekat pada bagian bawah dan berangsur cerah pada bagian atas.

4. Sifat agresif ikan Louhan

Sifat agresif ikan louhan juga sangat di perhitungkan oleh para peng hobi ikan louhan. Ciri fisik ikan louhan yang agresif bisa dilihat dari bentuk sirip bagian belakang yang mekar dan sirip pada bagian atas yang tidak mingkup. Bisa juga dengan menggunakan cara masukkan tangan kekolam dan bila anakan louhan yang bagus makan anakan ikan louhan akan mengikuti gerak dari tanganmu.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga