Komunitas Pecinta Lingkungan Budidayakan Penyu di Pantai Maligi Pasbar

Komunitas Pecinta Lingkungan Budidayakan Penyu di Pantai Maligi Pasbar Foto; Istimewa

Covesia.com - Gabungan aktifis, komunitas pecinta lingkungan dan kumpulan fotografer serta perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat melakukan giat pelepasan perdana anak penyu/tukik di konservasi penyu Pantai Indah Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie pada Minggu (26/5/2019).

Camat Ranah Pasisie, Fauziah Zein mengatakan kegiatan perdana pelepasan anak penyu ini menjadi momentum awal pengenalan ke publik bahwa di Pantai Indah Maligi sudah terdapat komunitas pencinta lingkungan.

Fauziah Zein juga mengapresiasi mendalam atas insiatif dari gabungan komonitas pecinta lingkungan dalam melestarikan budidaya penyu di Pasaman Barat.

"Konservasi penyu di Maligi ini adalah konservasi pertama yang terdapat di Pasaman Barat. Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi sebuah acuan bagi pemuda-pemudi lainnya di Pasaman Barat dalam melestarikan alam kita, khususnya di sepanjang pesisir pantai Pasaman Barat," katanya.

Dalam lanjutan sambutannya Camat juga mengharapkan konservasi penyu di Maligi ini dapat dikenal luas bukan hanya wilayah Pasaman Barat saja tapi bisa dikenal di seantero dalam dan luar negeri.

"Dengan adanya komunitas fotografi yang datang hari ini, kita harapkan dapat menyebarluaskan destinasi wisata yang ada di Maligi ini," katanya.

Sementara itu ketua MRPB Peduli, Decky Harmiko Sahputra menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan perdana pelepasan anak penyu ini dan dihadiri oleh berbagai elemen serta komunitas.

"Kami bangga atas kegiatan ini, insyaallah kedepannya akan kita benahi secara bersama-sama tempat penangkaran penyu Maligi ini. Khusus buat rekan-rekan fotografer yang datang, bantu promosikan konservasi ini dengan mengajak teman fotografer lainnya datang ke Maligi. Kedepannya kita secara bersama-sama menginginkan adanya kegiatan lomba fotografi tingkat nasional maupun internasional dengan mengambil latar keindahan alam Maligi terkhusus konservasi penyu ini. Bersama kita bisa," kata Decky.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga