Turunkan Tim Peneliti, BPCB Sumbar: Benda Diduga Artefak 'Berusia Muda'

Turunkan Tim Peneliti BPCB Sumbar Benda Diduga Artefak Berusia Muda Sumber: facebook.com/Kadri.jangkeyen

Covesia.com - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat menurunkan tim untuk melakukan penelitian lebih mendalam, terkait temuan benda diduga artefak di Jorong Pulai, Dharmasraya oleh seorang warga, pada Minggu (26/5/2019). Benda tersebut ditemukan di sungai Batang Hari, tersangkut di jaring saat warga menangkap ikan, sekitar pukul 10.00 WIB. 

Kepala BPCB Sumbar Nurmatias mengatakan, tim secara detil akan meneliti mulai dari lokasi ditemukan, hingga adakah benda lain yang terbawa saat menemukan benda tersebut?

"Diduga benda temuan tersebut terbuat dari logam, dan saat ini dalam kondisi sudah bersih," sebut Nurmatias kepada Covesia, melalui sambungan telepon, Selasa (28/5/2019). 

Menurutnya, dari pengamatan sementara (melalui foto), benda itu baru kali ini ditemukan di kawasan Dharmasraya yang merupakan daerah keberadaan Cagar Budaya Candi Padang Roco.

Selain itu, katanya, dari beberapa penemuan arca di kawasan Dharmasraya, lebih didominasi berbahan batu, meski pun ada beberapa yang berbahan logam.

"Sampai saat ini belum pernah ada arca dewa-dewa baik Hindu maupun Budha yang bentuknya seperti naga," katanya.  

Dia melanjutkan, jika pun ada benda peninggalan sejarah di agama Budha yang berbentuk naga, diduga itu berasal dari masa yang cukup dekat.

“Dalam pantheon Hindu dan Budha belum pernah ada dewa-dewa yang berbentuk naga. Bisa jadi benda tersebut berusia muda antara abad 19-an hingga abad 20),” katanya.

Dia menambahkan, tim peneliti akan bekerja hingga dua hari ke depan untuk mendapatkan informasi awal terkait penemuan benda diduga artefak itu. 

"Sekitar dua hari lagi akan saya informasikan ke publik terkait hasil penelitian tim," pungkasnya.

Sebelumnya, seorang warga di Kabupaten Dharmasraya menemukan benda diduga artefak di sungai Batang Hari ketika menjaring ikan. 

Dihubungi Covesia, Selasa (28/5/2019) pemilik akun facebook, Kadri Rahim yang mengunggah foto diduga artefak tersebut mengatakan, benda tersebut ditemukan oleh Marzuki (50) warga Jorong Pulai, Nagari Pulai, Kecamatan Sitiung, pada Minggu (26/5/2019) sekitar pukul 10.00 WIB, saat menjaring ikan.

(rdk)

Baca: Benda Diduga Artefak ini Ditemukan Warga Dharmasraya saat Menjaring Ikan

Berita Terkait

Baca Juga