Sembilan Sanggar Randai Meriahkan Festival Pesona Gandoriah 2019

Sembilan Sanggar Randai Meriahkan  Festival Pesona Gandoriah 2019 Foto: Antara

Covesia.com - Sembilan sanggar seni yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat (Sumbar) ikut memeriahkan lomba randai pada Festival Pesona Gandoriah 2019 yang dilaksanakan oleh Kota Pariaman.

"Tujuan diselenggarakannya lomba ini tidak saja untuk melestarikan salah satu kesenian Minangkabau namun juga mengedukasi warga dan wisatawan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Alfian di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan randai harus terus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi penerus agar salah satu kesenian tradisional Minangkabau itu tidak hilang oleh perkembangan zaman.

Oleh karena itu untuk melestarikan randai dan kesenian lainnya, kata dia dinas tersebut membina sejumlah sanggar seni di daerah itu dan menyelenggarakan lomba.

Pelaksanaan lomba tersebut, lanjutnya dilaksanakan Sabtu malam dengan menampilkan lima sanggar sedangkan Senin malam menampilkan empat sanggar.

Diharapkan dari lomba tersebut dapat memancing generasi muda untuk belajar randai dan memberikan informasi kepada wisatawan bahwa daerah itu juga masih mempertahankan kesenian itu.

"Apalagi randai merupakan kesenian yang menarik disaksikan oleh wisatawan," katanya. 

Ia menyampaikan selain randai ada sejumlah lomba lainnya yang dilaksanakan pada festival tersebut yaitu di antaranya lomba masak sate yang dilaksanakan pada siang kemarin, lomba beruk memetik kelapa dilaksanakan pada hari ini, serta selaju sampan dan lomba lagu Minang besok.

Sebelumnya Festival Pesona Gandoriah 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pariaman untuk mempromosikan pariwisata di daerah itu resmi dibuka dan akan diselenggarakan hingga 3 Juli 2019.

"Festival ini menampilkan sejumlah kebudayaan dan permainan anak nagari di Pariaman," kata Walikota Pariaman Genius Umar saat membuka Festival Pesona Gandoriah 2019 di Pariaman, Sabtu.

(ant/lif)


Berita Terkait

Baca Juga