Ingin sukses di Tanah Rantau, Prinsip Hidup Orang Minang Ini Bisa Kamu Coba

Ingin sukses di Tanah Rantau Prinsip Hidup Orang Minang Ini Bisa Kamu Coba ilustrasi

Covesia.com - Orang Minang memang dikenal banyak yang merantau. Tak sedikit dari mereka sukses di tanah rantau tersebut. Kamu penasaran kenapa mereka bisa sukses, berikut covesia.com rangkum prinsip hidup orang Minang yang perlu kamu coba meskipun kamu bukan orang Minang.

1. Alam takambang jadi guru

Orang Minang sangat percaya bahwa alam serta pengalaman adalah guru terbaik. Menjadi sukses tak melulu harus menimba ilmu di perguruan tinggi. Intinya, menjadi sukses adalah mau belajar. Belajar tak serta merta harus di bangku perkuliahan, bahkan pada alam pun bisa belajar. Mereka juga belajar dari pengalaman.

2. Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah

Prinsip Orang minang satu ini akan sangat dipegang teguhnya. Bagi mereka untuk memperoleh kesuksesan tak cukup hanya bekerja keras dan berusaha semaksimal mungkin, tapi juga harus taat perintah agama. Dalam berbisnis misalnya, yang menjunjung tinggi kejujuran akan mudah dipercayai serta mudah meraih kesuksesan.

3. Dima bumi dipijak, di sinan langik dijunjuang

Orang Minang memiliki kemampuan beradaptasi yang patut diacungi jempol. Meskipun di rantau ia akan mencari orang Minang lainnya, ia tak menutup diri dengan orang-orang baru sehingga ia memiliki kenalan yang tak sedikit. Tidak hanya itu prinsip ini juga diaplikasikan pada racikan masakan bila orang Minang berbisnis. Masakan Padang namun sesuai dengan lidah orang yang tinggal di tempat tersebut.

4. Indak ado rotan aka pun jadi

Lagi-lagi, orang Minang mampu memanfaatkan peluang yang ada. Meskipun jauh dari kampung halaman mereka tidak hilang akal. Selalu jeli melihat peluang yang ada. Misalnya mereka kuliah di Jakarta, biasanya tidak serta merta hanya fokus kuliah, mereka memiliki sesuatu yang dikerjakan dan menghasilkan pundi-pundi, seperti berbisnis kecil-kecilan.

5. Takuruang nak di lua, tahimpik nak di ateh

Orang Minang dikenal cerdas dan tidak takut akan kegagalan. Bahkan kegagalan bisa dijadikannya sebuat peluan untuk lebih maju lagi. Prinsip satu ini menggambarkan bahwa mereka akan belajar terus menerus dari kondisi yang dianggap buruk oleh orang lain sehingga sesuai dengan pepatah terkurung maunya di luar. Artinya tak ada yang mengurung dirinya selama pemikirannya masih berkeliaran.

Itulah lima prinsip hidup orang Minang yang bisa diterapkan supaya bisa sukses seperti mereka. 

Kontributor: Laila Marni

Baca juga: 7 Pepatah Minang ini Bisa Diterapkan Agar Sukses di Perantauan

Berita Terkait

Baca Juga