Rizka, Komikus Asal Makassar yang Menangkan Kontes Komik di New York

Rizka Komikus Asal Makassar yang Menangkan Kontes Komik di New York Komikus Indonesia asal Makassar, Rizka Raisah Fatimah Ramli (Ist)

Covesia.com - Nama Indonesia kembali harum oleh kerja keras seorang anak bangsa bernama Rizka Raisah Fatimah Ramli. Ia berhasil menjuarai kompetisi “The School Superhero Comic Contest” yang diadakan oleh UNICEF di New York.

Kenapa tidak, Rizka komikus sekaligus ilustrator asal Makassar ini berhasil mengalahkan 3.600 karya dari 140 negara yang mengikuti kontes tersebut.

Rizka mengangkat tema anti perisakan atau anti bully di sekolah melalui tokoh ciptaannya ‘Cipta’. Dihimpun dari berbagai sumber berikut fakta menarik lainnya tentang Rizka.

1. Ide cerita

Gadis asal Makassar ini mengaku bahwa ide cerita berasal dari pengalaman pribadinya dan pengalaman temannya. Secara pribadi ia pernah mengalami bulliying begitupun dengan temannya. Komik ciptaannya ini menceritakan seorang tokoh yang memiliki kekuatan yang bisa melawan kejahatan yakninya bullying.

2. Kartun idola menjadi inspirasi

Inspirasi bisa datang dari mana saja. Rizka mendapat inspirasi dari kartun kesukaannya. Kekuatan super yang dimiliki tokoh Cipta terinspirasi dari kartun Nickelodeons Chalk Zone dan SpongeBob Squarepants pada episode pensil ajaib.

3. Komik Rizka resmi rilis

Perlombaan dimulai Oktober 2018 lalu dan pengumumannya pada Januari 2019. Komik tersebut akhirnya rilis pada Juli lalu dan telah dipamerkan di Forum Tingkat Tinggi tentang Pembangunan Berkelanjutan di Markas Besar PBB, New York. Karya Rizka ini akan didistribusikan ke 100 ribu sekolah yang ada di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Rizka menyarankan untuk korban bully harus mencari teman yang memiliki hobi yang sama. Meski susah untuk berbicara jangan berhenti untuk terus mencoba. “Percayalah semuanya akan baik-baik saja, tetaplah hidup dan bernafas,” itulah pendapat Rizka yang dikutip dari laman Unicef, Jumat (9/8/2019).

Baginya sangat menyenangkan ketika anak-anak di Amerika menyukai karyanya. Padahal sebelumnya ia tak pernah menyangka akan menang.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga