40 Sasaran Silat Siap Unjuk Kebolehan di Pergelaran Silek Art Festival 2019 Sijunjung

40 Sasaran Silat Siap Unjuk Kebolehan di Pergelaran Silek Art Festival 2019 Sijunjung Foto: Instagram

Covesia.com - Sebanyak 40 sasaran silat, masing-masing 20 sasaran dari Sijunjung dan 20 sasaran dari seluruh daerah di Sumbar akan ikut memeriahkan Silek Art Festival (SAF) 2019 di Sijunjung, Sumatera Barat.

"Rangkaian SAF di Sijunjung digelar tiga hari, 23-25 Agustus. Akan ada pertunjukan silat tidak hanya dari sasaran di Sijunjung, tapi juga sasaran lain di Sumbar," kata Direktur SAF 2017 Ediwar di Padang, Jumat (23/8/2019).

Rangkaian itu dimulai pada 23 Agustus dengan acara pembukaan dan makan bajamba. Jamba dibawa dalam arak-arakan oleh bundo kandung dari rumah gadang.

Makan bajamba adalah makan bersama menggunakan satu wadah besar yang sama. Biasanya ada empat orang yang makan di dalam satu wadah yang disebut jamba.

Selanjutnya akan ada belajar dengan maestro. Generasi muda di Sijunjung akan mendapat kesempatan belajar silat pada tuo silat atau maestro silat di daerah itu.

Malam 24 Agustus akan ada pertunjukan silek dari 20 sasaran di Sumbar, di antaranya dari Solok, Solok Selatan, Dharmasraya dan banyak daerah lain. Silek itu berasal dari beragam aliran yang ada di Minangkabau.

"SAF 2019 juga akan memberikan penghargaan kepada tuo-tuo silek karena jasa mereka dalam melestarikan silek sebagai aset budaya Minangkabau," katanya.

Khazanah lokal yang diangkat dalam kegiatan itu adalah Tari Tanduak yang menjadi ikon tari dari Sijunjung. Tari yang juga kental mengandung rentak dan gerak silat itu akan sangat sayang untuk dilewatkan.

(Antara)

Berita Terkait

Baca Juga