Peringati Hari Batik, Siswa di Pessel Ini Adakan Lomba Hias Tiang Sekolah dengan Batik

Peringati Hari Batik Siswa di Pessel Ini Adakan Lomba Hias Tiang Sekolah dengan Batik Peringati Hari Batik, Siswa SMA 1 Sutera, Pessel Ini Adakan Lomba Hias Tiang Sekolah dengan Batik (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Hari batik Nasional diperingati 2 Oktober tiap tahunnya, semenjak ditetapkannya batik menjadi warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi oleh UNESCO 2009 lalu.

SMAN 1 Sutera Pesisir Selatan ikut berpartisipasi dalam rangka hari batik nasional dengan menyelenggarakan lomba menghias tiang sekolah dengan kain batik.

“Kegiatan ini untuk menanamkan rasa cinta terhadap batik untuk siswa,” ungkap Indra wakil kepala sekolah SMAN 1 Sutera Pessel kepada Covesia, Rabu (2/10/2019).

Lebih lanjut Indra mengungkapkan dengan adanya kegiatan ini siswa mengetahui ciri khas batik masing-masing daerah. “Dengan demikian semoga siswa dapat menjaga kelestarian dan warisan daerah, bangsa, dan negara,” harapnya.

Indra menuturkan sekitar 70 tiang sekolah dihias menggunakan kain batik. “Peserta lomba ini adalah siswa seluruh kelas yang ada di SMAN 1 Sutera,” ungkapnya.

Selain itu, ia mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memicu untuk ke depannya dan tidak hanya pada siswa juga pada masyarakat sekitarnya.

Kontributor: Laila Marni


 


Berita Terkait

Baca Juga