Unsmilling General Benny Murdani

Unsmilling General Benny Murdani Sumber Foto: Hock Windah

Covesia.com - Suatu ketika, kepada wartawan senior majalah Tempo Fikri Jufri, Benny Murdani berkata, "Memangnya saya semurah itu melepas kepercayaan saya hanya untuk mengejar jabatan? Tidak akan pernah." [ Wanandi, 2014 ]

Nama lengkapnya Jenderal TNI Leonardus Benny Murdani. Pada era Orde Baru (tahun 1980-an), nama Jenderal ini selalu menjadi buah bibir publik. Bahkan dikampung saya, Air Bangis, seorang sahabat almarhum ayah saya memberi nama anaknya Benni Murdani (tidak dengan huruf "y"), tanpa Leonardus. Beliau tipikal militer “murni”. Nama dan fotonya sering menghiasi media massa. Bisa dicatat, setelah periode Jenderal Andi M. Yusuf (salah seorang tokoh Supersemar) asal Bugis Sulawesi Selatan, mungkin Jenderal Benny Murdani yang dianggap sebagai pimpinan militer berkarakter di tubuh TNI. 

Bila Presiden Soeharto diberi gelar “Smilling General”, sebaliknya Jenderal Benny Murdani disebut sebagai “Unsmilling General”.

Namanya melejit ketika memimpin langsung pembebasan pembajakan Pesawat Garuda Woyla di Lapangan Terbang Don Muang, Thailand. Proses pembebasan tersebut membuat namanya menjadi perbincangan dunia karena proses pembebasan pembajakan dari Kelompok Imran dan Salman Hafidz cs. sangat terukur sehingga menunjukan profesioanlitas TNI (ABRI) masa itu. Tanpa korban, tanpa pertupahan darah. 

Proses pembebasan itu, disamping melejitkan nama Benny Murdani, juga mempopulerkan nama perwira “muda” (waktu itu), Brigjen Sintong Panjaitan, jenderal berkumis lebat yang kelak menjadi orang kepercayaan BJ. Habibe ketika menjadi Presiden RI tahun 1999.

Ketika Benny Murdani purna tugas, beliau tetap memberikan aroma tersendiri di tubuh ABRI/ TNI. Cukup lama pengaruh Benny Murdani hilang. Dan selanjutnya hingga kini, belum ada Jenderal-Jenderal di tubuh TNI yang “sekuat” dan memiliki karakter militer murni seperti Jenderal Andi M. Yusuf dan Benny Murdani.

Wallahu a'lam.

Muhammad Ilham Fadli

Muhammad Ilham Fadli ( Ketua Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam UIN Imam Bonjol )


Berita Terkait

Baca Juga