Aneh, Karya Seni Pisang Ditempel Lakban ke Dinding Laku Senilai Rp1,68 Miliar

Aneh Karya Seni Pisang Ditempel Lakban ke Dinding Laku Senilai Rp168 Miliar Karya Seni Pisang Ditempel Lakban

Covesia.com - Ada-ada saja karya seni yang terjual di ajang Art Basel Miami 2019. Sebuah pisang yang dilakban dan ditempelkan di dinding terjual dengan harga fantastis senilai Rp 1,68 miliar.

Karya kontroversial yang menjadi perbincangan para pecinta seni berjudul 'The Comedian'. Seniman Italia Maurizio Cattelan yang membuatnya, sebelumnya ia dikenal membuat toilet emas berjudul 'American' yang terjual Rp 84,1 miliar, dipajang di Istana Blenheim Inggris lalu dicuri.

Pemilik galeri, Emmanuel Perrotin, menuturkan karya Maurizio bukan tentang objek tapi bagaimana objek bergerak di dunia.

"Karya seni yang ditempel di dinding pameran seni atau dipajang di sampul New York Post, karyanya memaksa kita untuk mempertanyakan bagaimana nilai ditempatkan pada barang-barang tertentu," katanya dilansir dari NY Times.

Karya seni pisang yang terjual Rp 1,68 miliar juga diakui pemilik galeri sebagai tontonan bagi pengunjung yang datang ke Art Basel Miami 2019. Pisang juga menjadi simbol perdagangan global, tujuan ganda, dan humor.

"Tontonan juga bagian dari pekerjaan seni, sama seperti pisang," lanjutnya.

Art Basel Miami adalah art fair bergengsi di dunia dan karya seni yang dipajang kerap menarik perhatian seleb Hollywood. Di ajang Art Basel Miami 2019, galeri seni asal Jakarta ROH Projects juga memajang karya-karya dari seniman Yogyakarta, I Nyoman Masriadi.

Suber: Detikcom

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga