Desainer Asal Pariaman Raih Juara Pertama Lomba Desain Batik Sampan Tingkat Nasional

Desainer Asal Pariaman Raih Juara Pertama Lomba Desain Batik Sampan Tingkat Nasional Penyerahan Juara dalam lomba desain batik sampan di Kota Pariaman

Covesia.com - Riska asal Kota Pariaman, meraih juara pertama, dalam lomba desain batik sampan tingkat nasional, yang diadakan pemerintah kota tersebut. 

"Selain itu, juara duanya atas nama Suparno asal Wonogiri. Juara III atas nama Rima Anggi Sudarmi asal Surakarta," sebut Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Pariaman, Lucy Genius pada Minggu (22/12/2019).

Lanjut Lucy Genius, harapan satunya Jonedi asal Padang Pariaman, dan harapan duanya Riri Puspita Rani asal Kota Pariaman.

"Alhamdulillah desainer asal Kota Pariaman, dapat meraih juara pertama," ujarnya. 

Hal lain juga disampaikan Lucy Genius, semenjak diluncurkannya desain batik ini beberapa bulan lalu, sudah banyak yang ingin memesannya. Meski saat ini batik sampan belum diproduksi secara masal. 

"Namun untuk mempersiapkan batik sampan tersebut, kami bersama Pemko Pariaman telah melatih puluhan pengrajin di daerah itu agar bisa mendesain," ucapnya.

Dikatakan Lucy Genius, dengan pelatihan dan lomba tersebut, maka nanti akan tercipta motif batik sampan baru yang lebih inovatif. Tapi tidak meninggalkan motif dasarnya yaitu diantaranya motif tabuik.

"Kami akan tetap mempertahankan ciri khas dari batik sampan tersebut," katanya.

Lucy berharap, kedepannya bantik sampan, bisa menjadi produk khas yang dapat menjadi kebanggaan Kota Pariaman, serta mengangkat ekonomi warga Kota Pariaman.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit mengatakan, lomba batik sampan tersebut diikuti oleh 23 peserta yang berasal dari dua orang pulau Jawa, satu dari Kabupaten Padang Pariaman, dan 20 dari Kota Pariaman. Total hadiahnya Rp15 juta.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga