Audy Joinaldy Resmi Memangku Gelar Adat Datuak Rajo Pasisie Alam

Audy Joinaldy Resmi Memangku Gelar Adat Datuak Rajo Pasisie Alam Audy Joinaldy

Covesia.com - Bakal Calon Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy resmi memangku gelar adat, yakni Datuak Rajo Pasisie Alam. Upacara adat melewakan gala tersebut berlangsung di rumah gadang suku Balaimansiang, VI Suku, Kota Solok, Selasa (18/8/2020) kemarin. 

"Gala ini merupakan warih dari mamak Audy Joinaldy sendiri, Tuan Pakiah Basa. Tentunya upacara ini bersejarah bagi sosok Audy Joinaldy. Sebab tanggung jawab besar dalam bidang adat berada di pundaknya," ungkap Buya Beni yang merupakan ninik mamak yang memiliki suku yang sama dengan Audy saat dihubungi Covesia.com, Rabu (19/8/2020).

Dalam perhelatan adat budaya Minangkabau yang digelar oleh kaum Suku Balaimansiang, VI Suku, Kota Solok, terasa begitu sakral.

Dikatakan buya Beni sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat Kota Solok turut hadir dalam prosesi malewakan serta pengukuhan gelar adat untuk Audy. 

"Audy selaku pengusaha yang kini menjajaki politik diharapkan dapat memperjuangkan nilai-nilai adat Minangkabau di tingkat nasional," tambahnya. 

"Dengan telah memangku gelar datuak Pasisia Alam, semoga dapat menjadikan Audy lebih akrab lagi dengan lingkungan kaum adat yang basandikan sarak dan sarak basandikan kitabullah," ujarnya. 

Selain kegiatan tersebut sejumlah agenda dilakukan pengusaha asal Sumbar ini.  Seperti, jamuan terbatas dan silahturrahmi dengan Dt. Bandaro di Nagari Gurun Bagan, Kec. Lubuk Sikarah, Kota Solok. Aliansi dengan beberapa tokoh politik Kota Solok dan Kabupaten Solok. 

Tak hanya itu Audy Joinaldy juga menghadiri peresmian dan deklarasi relawan MA 0755 di Nagari Koto Baru, Kec. Kubung, Kabupaten Solok. Serta pertemuan dengan Buya Mahyeldi di Rumah gadang Anam Suku, Kec. Lubuk Sikarah, Kota Solok. 

Tak lupa, Audy bahkan turut bersilahturrahmi masyarakat dan kelompok kesenian Indang, Jorong Koto Gadang, Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. 

(ila)



Berita Terkait

Baca Juga